English English Indonesian Indonesian
oleh

Format Liga 2 Berubah, Juara Grup Otomotis ke Liga 1

JAKARTA, FAJAR – Liga 2 berubah. Formatnya menggunakan sistem tiga grup.

Berdasar kalender kompetisi yang sudah disusun sampai tiga musim ke depan, kompetisi Liga 2 musim 2024–2025 rencananya diputar pada 13 September mendatang.

Menjelang dimulainya kompetisi sepak bola kasta kedua di Indonesia itu, PT Liga Indonesia Baru (LIB) mulai menyosialisasikan berbagai hal yang akan diterapkan di Liga 2 musim depan.

Salah satu yang berubah dari Liga 2 musim depan adalah format kompetisi. Musim depan, tidak ada lagi babak 12 besar dan playoff. Para peserta yang terdiri atas 26 tim akan dibagi ke dalam tiga grup. Dua grup akan diisi sembilan tim. Lalu, satu grup akan diisi delapan tim.

Dengan sistem baru itu, tiga tim pemuncak klasemen akhir pada tiap-tiap grup akan langsung promosi ke Liga 1 musim 2025–2026. Lalu, tiga tim terbawah pada tiap-tiap grup akan terdegradasi ke Liga 3. Artinya, akan ada sembilan tim yang bakal turun kasta.

’’Memang sudah ada beberapa poin yang kami sampaikan kepada klub terkait Liga 2,” kata Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru (LIB) Asep Saputra dikutip Jawa Pos (grup FAJAR), kemarin.

“Misalnya, regulasi pemain asing yang bertambah menjadi tiga pemain, kewajiban memainkan pemain U-21, dan beberapa hal lainnya. Nanti akan lebih fix kami sampaikan setelah kami melakukan club owner meeting,’’ sambungnya.

Amir Burhannudin, CEO Deltras FC, sudah menerima surat edaran terkait konsep penyelenggaraan Liga 2 musim depan. Dia menyayangkan durasi kompetisi yang hanya tujuh bulan. Liga 2 akan dimulai September dan berakhir pada Maret.

News Feed