English English Indonesian Indonesian
oleh

Cyber Security, Lomba Baru Olivia IX di Unhas

FAJAR, MAKASSAR-Universitas Hasanuddin (Unhas) menjadi tuan rumah Olimpiade Vokasi Indonesia (OLIVIA) IX, yang merupakan kompetisi nasional bagi mahasiswa vokasi dari perguruan tinggi negeri maupun swasta di seluruh Indonesia. Acara ini diselenggarakan pada Kamis, 18 Juli 2024.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengumpulkan ide-ide kreatif dan inovatif serta menonjolkan kemampuan sumber daya manusia yang berjiwa kewirausahaan berbasis digital. Tema yang diusung dalam OLIVIA 2024 adalah “Inspiring the Future through Empowering Innovative Human Resources and Digital-Based Entrepreneurship.”

Ada jenis lomba baru dalam OLIVIA yang diadakan di Unhas, yaitu Cyber Security. Lomba tersebut bertujuan untuk menciptakan White Hat Hacker. Juri Cyber Security OLIVIA, Letda Infantri Angga Yudistira, mengatakan bahwa lomba tersebut dilakukan untuk mencari dan menyaring generasi muda, mahasiswa seluruh perguruan tinggi di Indonesia untuk menjadi hacker yang baik.

“Lomba ini baru pertama kali diadakan di Indonesia dalam bidang Cyber Security, tujuannya adalah untuk mengamankan data dan informasi,” ungkap Letda Infantri Angga Yudistira pada Kamis, 18 Juli 2024.

Sementara itu, panitia lomba OLIVIA Cyber Security, Igods Gabriyaldo, mengutarakan bahwa lomba tersebut berbeda dengan konsep lomba yang pernah dilakukan di luar Pulau Sulawesi.

“Kalau lomba Cyber Security ini baru pertama kali diadakan di Makassar, konsepnya adalah vulnerability assessment dan penetration testing,” ujar Igods Gabriyaldo dari Divisi Pobdok Olivia saat ditemui di Ruangan LPMPP UNHAS.

News Feed