English English Indonesian Indonesian
oleh

Sambut HBA Kejati Gelar Donor Darah

FAJAR, MAKASSAR — Aksi donor darah menjadi salah satu rangkaian peringatah Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-64 yang digelar oleh Kejati Sulsel, Kegiatan tersebut digelar di Baruga Adhyaksa kantor Kejati Sulsel, Rabu, 17 Juli 2024.

Kegiatan pemeriksaan Kesehatan gratis dan donor darah ini, diikuti para pegawai Kejati Sulsel, anggota Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Wilayah Sulsel, mahasiswa KKP dan PKL Unhas. Pelaksanaan kegiatan donor darah ini terselenggara atas kerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Sulawesi Selatan.

Kajati Sulsel, Agus Salim menyambut aksi sosial yang diprakarsai Ketua IAD Wilayah Sulawesi Selatan,Fauziah Agus. Kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis dan donor darah yang merupakan rangkaian kegiatan Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-64 dan HUT IAD ke-24 Tahun 2024. Hal tersebut dapat dimaknai sebagai wujud nyata kepedulian Kejati Sulsel yang secara sukarela terhadap orang-orang yang membutuhkan donor darah dan memberikan sumbangsih kebutuhan darah untuk Palang Merah Indonesia (PMI) melayani masyarakat Sulsel.

“Ingat, Setetes darah yang di berikan sangat berarti untuk menyelamatkan jiwa orang lain,” kata Agus Salim.

Ketua IAD Wilayah Sulsel, Fauziah Agus memastikan sebelum melakukan donor darah, dilakukan serangkaian pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu oleh petugas kesehatan. Seperti kondisi fisik dalam keadaan sehat, usia, suhu tubuh, tekanan darah, dan kadar hemoglobin (Hb) sesuai standar yang ditetapkan bagi calon pendonor.

“Tidak kalah penting sebelum melakukan donor darah, dapat dipastikan terlebih dahulu asupan gizi dalam tubuh terutama zat besi telah terpenuhi, istirahat yang cukup, serta minum air yang cukup agar tubuh dalam keadaan prima dan siap melakukan donor,” bebernya. (edo)

News Feed