English English Indonesian Indonesian
oleh

Puan Sentil Pemerintah, tidak Boleh Lagi Ada Ibu Melahirkan di Mobil karena tak Ada Nakes

FAJAR, JAKARTA–Kejadian ibu hamil di Banyuwangi, Jawa Timur, yang terpaksa melahirkan di dalam mobil karena petugas kesehatan tidak ada di fasilitas kesehatan (faskes)  mendapat sorotan dari Ketua DPR RI Puan Maharani.

Petinggi PDIP itu mengingatkan pemerintah untuk memastikan bisa memberikan jaminan pelayanan dan faskes bagi perempuan di seluruh tanah air.

Ia mengatakan, pemerintah harus bisa memenuhi hak-hak dasar perempuan, hak-hak dasar ibu dalam hal pemenuhan pelayanan dan fasilitas kesehatan.

“Negara harus hadir memberikan pelayanan terbaik,” kata Puan kepada wartawan, Rabu (17/7) dikutip dari JawaPos.com.

Perempuan bernama Sudanisih tersebut sudah merasakan sakit persalinan sejak jam 7 pagi dan ketubannya pecah saat dalam perjalanan ke puskesmas.

Dalam video yang viral, terlihat keluarga Sudanisih panik dan kebingungan mencari pertolongan karena tidak ada petugas medis di puskesmas.

Sudanisih  masih beruntung sebab ada seorang perawat yang kebetulan lewat yang akhirnya membantu Sudanisih melahirkan di dalam mobil.

“Seharusnya kejadian yang dialami Ibu Sudanisih tidak perlu terjadi jika Pemerintah dengan serius menjalankan amanatnya untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada setiap warganya di manapun berada, bahkan di daerah-daerah terpencil,” tegas Puan.

Puan sendiri bersyukur, ibu dan anak tersebut dalam kondisi stabil mengingat tidak sedikit perempuan mengalami komplikasi saat melahirkan.

Kendati demikian, ia menyampaikan keprihatinan terhadap apa yang dialami Sudanisih karena kurang maksimalnya pelayanan kesehatan di daerah.

News Feed