English English Indonesian Indonesian
oleh

Poltekbos Bekali Dosen Pengetahuan di Bidang Baru

FAJAR, MAKASSAR— Kompetensi tenaga pendidik atau dosen harus terus diupgrade dan dibekali dengan kemampuan baru. Sebab, dosen yang punya kapasitas mumpuni berpengaruh terhadap kualitas sumber daya manusia para mahasiswanya kelak.

Hal yang sama dilakukan Politeknik Bosowa (Poltekbos) Makassar. Para dosen senantiasa diberi pelatihan untuk mendapatkan pengetahuan baru di bidang baru. Salah satunya, diberikan pelatihan untuk menambah kompetensi dalam pengendalian motor listrik berbasis Programmable Logic Controller (PLC).

PLC sendiri merupakan suatu proses industri yang digunakan untuk pengawasan dan pengontrolan mesin di jalur perakitan suatu pabrik.

Pengajar dan Penanggung Jawab Pelatihan, Muh Lutfi mengatakan saat ini dosen yang mengajar di kampus vokasi, memang harus selalu update ilmunya. Makanya Poltekbos menjawab kebutuhan itu dengan sertifikasi kompetensi.

“Nah sekarang dosen sudah memasuki upgrade uji kompetensi di level 5 bidang otomasi industri, skema Foreman atau seorang profesional yang bertugas memimpin seluruh kru yang terlibat di dalam proyek,” ucapnya.

Luthfi menjelaskan jika dalam uji kompetensi peserta diharapkan mampu mengoperasikan, memasang, memelihara, dan merancang serta menguji (komisioning). Namun, kata dia, peserta tak sekadar diuji kompetensinya, tetapi mereka terlebih dahulu bekali pelatihan dengan sertifikat tentang bagaimana itu pengendalian motor listrik berbasis PLC.

“Mereka diajari bagian-bagiannya dan pengoperasiannya,” tuturnya.

Tenaga Kependidikan Poltekbos, Muhammad Rizky menuturukan kegiatan tersebut sangat bermanfaat dalam menambah wawasan di bagian PLC. ” Harapan saya sebagai peserta ke depannya, agar kegiatan seperti ini dapat dilakukan secara berkala agar lebih menambah wawasan bagi yang membutuhkan pelatihan utamanya dalam sertikom,”pungkasnya.(wis/lin)

News Feed