English English Indonesian Indonesian
oleh

Mahasiswa KKN KNMB IAIN Palopo Mengabdi Sambil Belajar Bermasyarakat

FAJAR, MAKASSAR– Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo mengikutkan mahasiswanya dalam Kuliah Kerja Nyata Kolaborasi Nusantara Moderasi Beragama (KKN KNMB) seluruh Indonesia ke-IV di Kuningan, Jawa Barat. Ada enam mahasiswa yang diikutsertakan.

KKN Moderasi Beragama Se-Indonesia ini akan berlangsung selama 40 hari. Mahasiswa KKN IAIN Palopo berangkat sejak 14 2024 Juli dan akan ditarik kembali pada 20 Agustus 2024. Para mahasiswa ini nanti akan melakukan pengabdian sekaligus belajar bermasyarakat. Mereka adalah Khalizah Resky, Suci Ramadani, M. Dirga Saputra, Ayu Pratiwi, Einil Hinnas dan Sayidah Nabila.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan IAIN Palopo, Dr Munir Yusuf MPd meminta keenam mahasiswanya yang terpilih untuk untuk menunjukkan kompetensi, kapabilitas atau potensi sebagai mahasiswa IAIN Palopo. Dalam artian, kata dia, mereka ketika di lokasi KKN berprinsip belajar di masyarakat.

“Kalian berangkat dalam konteks belajar, bukan datang seolah ingin menggurui. Kita bermitra pada masyarakat kita datang belajar dan membantu, konteksnya berkontribusi pada masyarakat” tegas Munir.

Selain itu, ia juga berpesan untuk tetap menjaga kekompakan, koordinasi dan saling mengingatkan selama kegiatan.
“Tetap jaga diri termasuk kesehatan di sana, jaga nama baik institusi kampus kita dan jaga nama agama yang kita bawa di sana,”kata Munir.

Pelaksana Tugas Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) IAIN Palopo, Dr Hj Fauziah Zainuddin MAg mengatakan, enam mahasiswa IAIN Palopo yang terpilih pada KKN Moderasi Beragama se-Indonesia telah melewati tahapan seleksi administrasi dan wawancara.

News Feed