English English Indonesian Indonesian
oleh

Empat Perwira Tinggi Polri Ikut Seleksi Calon Pimpinan KPK

FAJAR, JAKARTA–Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko menyebut empat perwira tinggi Polri mengikuti proses seleksi calon pimpinan (capim) dan dewan pengawas (Dewas) KPK periode 2024-2029.

Trunoyudo menyebut, anggota Polri yang telah mendaftar yakni Komjen Setyo Budianto lulusan Akpol tahun 1989. Setyo saat ini menjabat sebagai Irjen di Kementerian Pertanian.

Lalu, Komjen Ridwan Zulkarnain Panca Putra yang merupakan lulusan Akpol tahun 1990. Panca saat ini merupakan Sekretaris Utama di Lembaga Ketahanan Nasional.

Ridwan sebelumnya juga pernah bertugas di lembaga antirasuah sebagai Direktur Penyidikan KPK 2018-2020. Panca juga sempat menjabat Kapolda Sumatera Utara.

Selanjutnya Kapolda Kalimantan Tengah Irjen Djoko Poerwanto dan Deputi Bidang Koordinasi dan Supervisi Irjen Didik Agung Wijanarko.

“Keempat personel tersebut adalah merupakan personil yang terbaik,” kata Trunoyudo Wisnu Andiko di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta, Rabu (17/7/2024) dikutip dari rri.co.id.

Para perwira tersebut menurut Trunoyudo sudah melalui seleksi dan memenuhi syarat. “Polri memberikan beberapa nama, yang mana dalam hal ini yang tentunya melalui seleksi dan memenuhi syarat,” jelas Trunoyudo.

Panitia Seleksi (Pansel) Capim dan Dewas KPK untuk periode 2024-2029 mencatat total 525 pendaftar. Pendaftaran dibuka sejak 26 Juni hingga, Senin (15/7/2024) pukul 23.59 WIB.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 318 orang mendaftar sebagai capim KPK. Berdasar jenis kelamin, ada 298 laki-laki dan 20 perempuan.

News Feed