English English Indonesian Indonesian
oleh

Dosen dan Mahasiswa PNUP Buat Pelatihan Akuntansi dan Pembukuan Anggota Kelompok Bank Sampah di Mannuruki

FAJAR, MAKASSAR-Para dosen dan mahasiswa Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) terus berupaya mengedukasi masyarakat sekitar dengan ilmu-ilmu akuntansi. Kali ini, mereka mengadakan Pelatihan Akuntansi dan Pembukuan serta memberikan sosialisasi dan pendampingan pembuatan laporan keuangan kepada kelompok-kelompok Bank Sampah di Kelurahan Mannuruki, Makassar, pada Sabtu, 13 Juli 2024.

Tim pelatihan terdiri dari Dedy Abidin, S.E., M.Si., Ak, sebagai ketua, bersama beberapa dosen lain sebagai anggota, yakni Siti Nafisah Azis, S.E., M.Si.; Nuraisyah Zain Mide, S.E., M.Si.; dan Nurul Jannah Tahang, S.S.T., M.Si. Mereka juga melibatkan dua orang mahasiswa, yaitu Raynaldo Yusuf Pongmerun dan Andi Muh Saputra.

Ketua Tim Pengabdian, Dedy Abidin, S.E., M.Si., Ak, mengatakan bahwa tujuan akhir kegiatan ini adalah memberikan pengetahuan yang baik melalui pelatihan tentang akuntansi dan pembukuan. “Kami melatih dan menjelaskan sedetail mungkin sehingga masyarakat mudah memahami,” tuturnya.

Dia juga menambahkan bahwa para pelaku kelompok bank sampah di Kelurahan Mannuruki, Makassar, saat ini menghadapi beberapa masalah, terutama mengenai pengetahuan mereka dalam melakukan pencatatan dan menghitung keuntungan yang didapat dalam kegiatan bank sampah ini. “Dengan adanya pengetahuan tentang penentuan laba dari kegiatan ini, diharapkan ke depannya semakin banyak warga masyarakat yang ikut terlibat secara aktif,” tuturnya.

Kegiatan PKM ini terkait dengan mata kuliah Akuntansi Dasar yang dapat dikaitkan dengan MBKM. Dengan melibatkan mahasiswa dalam kegiatan ini, mereka melaksanakan project-based learning, yaitu pembuatan laporan keuangan yang dimulai dari proses identifikasi transaksi, pembuatan jurnal, buku besar, neraca saldo akhir hingga menjadi sebuah laporan keuangan.

News Feed