English English Indonesian Indonesian
oleh

Alifah Pamerkan Enam Karya di Paris

Seperti diketahui bahwa pengembangan industri fesyen tanah air sekarang ini turut dipengaruhi oleh para generasi penerus yakni siswa SMK. Menurut Ali, para siswa SMK juga menguasai pengetahuan dan keterampilan untuk menghasilkan karya-karya baru yang potensial dan diakui oleh bisnis secara global.

“Alasan kami merekomendasikan SMKN 8 Makassar, karena sekolah ini berada di luar Pulau Jawa. Di samping sebagai pemerataan kesempatan, juga termasuk sekolah yang maju yang telah didukung oleh pemerintah daerah,” jelasnya.

SMKN 8 memiliki jurusan khusus desain busana dan telah menerapkan sistem pembelajaran yang sangat komprehensif. Konsep desain yang dibuat sudah mengaplikasikan Trend Forecasting. Serta sekolah ini juga sangat tertib dalam segi disiplin dan didampingi guru yang kompeten di bidangnya.

“Para siswa telah dibekali kemampuan untuk berkolaborasi dan cara berpikir kritis. Sehingga mereka mampu menyelesaikan dan membuat koleksi baru secara efektif, berkarakter, dan berdaya jual tinggi,” imbuhnya.

Ali menjelaskan pihaknya juga ingin memberi pengalaman belajar yang berharga bagi siswa SMKN 8 Makassar sambil memperkenalkan event fesyen internasional untuk memperlihatkan gambaran dan meningkatkan pengetahuan serta kompetensi desainer muda, sekaligus menjajaki pasar internasional khususnya Eropa dan Amerika.

“Nanti juga belajar membuat koleksi sesuai musim serta berkompetisi dengan desainer muda lainnya,” tuturnya.

Kepala SMKN 8 Makassar, Asnah Baharuddin menambahkan, siswanya terus menorehkan prestasi di bidang busana. Selain berangkat ke Paris, sejumlah siswa lainnya juga akan memperagakan hasil karyanya pada Fashion Show Karya Kreatif Muda 2024 di Jakarta, pada akhir Juli mendatang.

News Feed