English English Indonesian Indonesian
oleh

Alifah Pamerkan Enam Karya di Paris

MAKASSAR, FAJAR — Senang dan bangga, itu yang dirasakan oleh Alifah Naila Salsabila, siswi SMKN 8 Makassar.

Pelajar kelas XII itu diundang untuk memamerkan hasil karya busananya pada kegiatan Front Row Paris 2024 yang diselenggarakan oleh Indonesian Fashion Chamber (IFC). Alifah akan berangkat ke Paris pada 7 September mendatang.

Alifah didampingi oleh Guru Produktif Tata Busana SMKN 8 Makassar, Erna Hamid, yang terus mengarahkannya.

Rencananya, ada enam busana dari hasil tangan Alifah yang akan dipamerkan di Salle Wagram 39-41, Avenue de Wagram, Paris. Semuanya berbahan dasar tenun Toraja. Ide itu terinspirasi dari populernya Toraja di mata dunia.

“Kami mengangkat kain tenun Toraja. Karena kita tahu Toraja ini sangat dikenal di mata dunia. Busana ready to wear,” kata Erna.

Ia memaparkan, Alifah sudah mempersiapkan busana ini sejak mendapat undangan pada Mei lalu. Walau dikejar waktu, mereka tidak menemukan kesulitan berarti.

“Tingkat kesulitan minim. Cuma didesainnya saja, karena mesti mencari motif Toraja yang cocok untuk dijadikan karya,” ucapnya.

Demi meningkatkan keahliannya, Erna memberikan kesempatan untuk Alifah magang di salah satu butik di Makassar, saat ini. Lalu pada Agustus nanti, Alifah juga akan mengikuti workshop di Malang.

SMKN 8 Makassar adalah satu-satunya SMK di Indonesia yang akan unjuk bakat di kota mode dunia itu.

Advisory Board Indonesian Fashion Chamber, Ali Charisma, mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mempromosikan dan mempresentasikan keunggulan fesyen Indonesia untuk memasuki pasar global. Khususnya Eropa yang memiliki pengaruh besar terhadap industri fesyen dunia.

News Feed