English English Indonesian Indonesian
oleh

IKM Kembali Beroperasi, Terima Maba untuk Empat Prodi

FAJAR, MAKASSAR— Setelah vakum selama enam tahun lamanya, Institut Kesenian Makassar (IKM) kini kembali beroperasi. Perguruan tinggi yang berada di bawah naungan Yayasan Puang Rimaggalatung Sengkang ini juga memiliki kampus baru yang berlokasi di Jalan Abdurrahman Basalamah Makassar.

Setelah persemian kampus baru tersebut, Senin 15 Juli 2024 sebagai tanda jika IKM siap menerima mahasiswa baru tahun ini. Sekadar diketahui, IKM memiliki empat program studi (prodi) yakni Prodi Musik, Prodi perfilman, Prodi Seni Tari serta Prodi Desain dan Komunikasi Visual.

Rektor IKM, Dr Muhammad Nur M.Pd mengatakan sebelum diambil alih Yayasan Puang Rimaggalatung, ada tujuh prodi di IKM. Namun, saat ini baru empat prodi dulu yang diaktifkan. Alasannya, kata dia, empat prodi ini dinilai memiliki potensi besar dan digemari saat ini.

“Dikawasan Timur Indonesia baru IKM yang punya prodi ini. Kendati demikian, LLDIKTI Wilayah IX juga memberi saran akan hal tersebut,” tuturnya.

Sementara untuk biaya kuliah, kata dia, tidak terlalu memberatkan mahasiswa. Maba hanya membayar biaya pendaftaran Rp300 ribu, lalu biaya pembangunan hanya sekali selama kuliah, yakni Rp4 juta bisa diangsur dua kali. Kemudian SPP hanya Rp3 juta per semester.

Pembina Yayasan Puang Rimaggalatung, Prof Dr Imran Ismail mengatakan kurang lebih enam tahun tertidur, IKM kini dibangunkan kembali. Pasalnya, kata dia, banyak yang meminta agar KTI memiliki kampus yang konsen di seni. Akhirnya IKM pun dilaunching dan siap untuk penerimaan maba dengan empat prodi.

News Feed