English English Indonesian Indonesian
oleh

Dulu Pengeritik Keras, Trump Pilih Vance sebagai Wakilnya di Pilpres Amerika

FAJAR, WASHINGTON–Donald Trump telah memilih Senator Ohio berusia 39 tahun J.D. Vance untuk menjadi pasangannya, ketika Partai Republik secara resmi mencalonkan mantan presiden tersebut untuk mencalonkan diri lagi di Pilpres Amerika Serikat.

“Setelah pertimbangan dan pemikiran yang panjang, dan mempertimbangkan bakat luar biasa dari banyak orang lainnya, saya telah memutuskan bahwa orang yang paling cocok untuk menduduki posisi Wakil Presiden Amerika Serikat adalah Senator J.D. Vance dari Negara Bagian Ohio,” tulis Trump di platform media sosialnya Truth Social dikutip dari CGTN.

Vance, yang terpilih menjadi anggota Senat AS pada tahun 2022 dan dilantik pada bulan Januari 2023, adalah seorang pengkritik keras Trump pada tahun 2016 tetapi sejak itu menjadi sekutu mantan presiden tersebut.

Presiden AS Joe Biden pada hari Senin menolak pilihan Trump dan menyebutnya sebagai “klon”. “Ia tiruan Trump dalam masalah ini,” kata Biden kepada wartawan sebelum terbang ke Nevada ketika ditanya tentang senator Ohio tersebut.

“Saya tidak melihat perbedaan apa pun,” lanjutnya.

Trump, yang selamat dari percobaan pembunuhan dua hari lalu, memperoleh suara mayoritas dari delegasi di Konvensi Nasional Partai Republik di Milwaukee, Wisconsin. Dia mencapai ambang batas yang disyaratkan dengan suara dari Florida, yang diumumkan oleh putranya Eric Trump.

Trump akan memimpin Partai Republik melalui pemilu ketiga berturut-turut, menyusul kemenangannya melawan Hillary Clinton pada tahun 2016 dan kekalahannya dari Biden pada tahun 2020. (amr)

News Feed