English English Indonesian Indonesian
oleh

Tokoh Ini Diunggulkan Menang Pilkada, Penantang Harus Kerja Keras

FAJAR,MAKASSAR — Kekuatan bakal calon kepala daerah (bacakada) mulai terbaca. Figur yang dekat kekuasaan paling berpeluang menang.

Hal itu terlihat dari berbagai survei, petahana dan keluarga petahana paling berpeluang menang. Elektabilitas mereka cukup memuaskan. Di Kabupaten Gowa misalnya, petahana wakil bupati Abdul Rauf Malaganni unggul survei.

Pria yang karib disapa Karaeng Kio itu diuntungkan oleh jabatannya. Makanya, popularitasnya cukup bagus. Apalagi dia rutin berkunjung ke masyarakat. Terutama di basis pemilihnya di wilayah dataran tinggi.

Meski demikian, Karaeng Kio belum aman. Ada dua penantang berpeluang menyulitkan langkah pria berkumis itu naik kelas menjadi bupati. Mereka adalah Darmawansyah Muin (Gerindra) dan Amir Uskara (PPP).

Darmawangsyah yang menjabat Sekretaris DPD Gerindra Sulsel saat ini telah mendapatkan dukungan dari Perindo, PKB, PKS, dan Demokrat untuk bertarung di Pilkada Gowa. Sementara Amir Uskara berpeluang diusung PPP dengan 12 kursi di DPRD Gowa. Darmawangsyah Muin menuturkan sudah lama melakukan persiapan maju di Pilkada Gowa. “Kita sudah mendapatkan arahan, petunjuk jelas,” ujar Sekretaris Gerindra Sulsel itu.

Wakil Ketua DPRD Sulsel itu mengatakan sudah bergerak untuk meyakinkan masyarakat Gowa.”Jadi kita jalan terus meyakinkan masyarakat terkait kesiapan kita maju di pikada Gowa,” ucapnya.

Ketua DPC PPP Kabupaten Gowa, Nursyam Amin mengatakan tim pemenangan hingga tingkat desa mulai dibentuk pada hari Minggu, 23 Juni. Ini dilakukan untuk memperkuat struktur tim induk agar lebih siap menatap Pilkada 2024.

News Feed