English English Indonesian Indonesian
oleh

Raih Juara I, PSM Unhas Kalahkan Peserta 39 Negara

PSM Unhas Ikut Kompetisi
di Selandia Baru

FAJAR, MAKASSAR— Tim Paduan Suara Unhas Makassar kembali menoreh prestasi yang membanggakan. Tak hanya mengharumkan nama baik Sulsel, tetapi juga Indonesia di dunia internasional. Mereka membawa pulang dua penghargaan bergengsi pada lomba paduan suara yang berlangsung di Selandia Baru, 10 – 14 Juli 2024.

PSM Unhas mempersembahkan lagu-lagu daerah nusantara dalam event yang bertajuk 13-th World Choir Games tersebut.
Yakni; berhasil meraih juara 1 pada kategori Folklore Indigenous Music with Choreography. Dalam lomba kategori tersebut, PSM Unhas membawakan lagu Pa’teinde dan Langkan Maega. Mereka mengalahkan peserta dari 39 negara di dunia.

Kemudian, juga meraih juara II pada Category Folklore and Indigenous Music with choreography. PSM menyanyikan Ininnawa, Si Patokaan, dan Yamko Rambe Yamko dalam kategori tersebut. Namun, prestasi tersebut bukan kali pertama disabet PSM Unhas, pada event sama yang digelar di Korea Selatan tahun lalu mereka juga meraih juara I.

Ketua PSM Unhas, Ikhwansyah Hanifa mengatakan di tim PSM Unhas ada 23 orang penyanyi, satu orang manajer, dan konduktur. Serta, satu orang dosen pembimbing yang ikut dalam tim. Mereka ikut dua kategori. Dalam ajang tersebut, lomba paduan suara ini diikuti perwakilan dari 40 negara yang terdiri dari 263 tim padus.

“PSM Unhas mencatatkan nilai 91,50,” ujarnya, Minggu 14 Juli 2024.

Anggota PSM Unhas, Lucky Laksmana menuturkan salah satu pertimbangan juri mereka menang, karena dinilai bisa menyampaikan dengan baik isi dari lagunya seperti bercerita.“Karena yang jadi penilaian adalah isi dan makna lagu. Kategori yang diikuti memang berkaitan tentang dongeng daerah. Tetapi, vokal tetap jadi penilaian,” jelasnya.

News Feed