English English Indonesian Indonesian
oleh

Fapet Unhas Buat Pelatihan Pengelolaan Data dan Analisis Statistik

FAJAR, MAKASSAR-Departemen Sosial Ekonomi Peternakan Fakultas Peternakan (Fapet) Universitas Hasanuddin (Unhas), bekerja sama dengan Perhimpunan Ilmuwan Sosial Ekonomi Peternakan (PERSEPSI) Komda Sulselbar, menyelenggarakan pelatihan pengelolaan data dan analisis statistik pada 13-14 Juli 2024 di Aula Fakultas Peternakan.

Ketua panitia, Ilham Syarif menyampaikan, pelatihan ini bertujuan untuk membantu peneliti dalam memilih alat yang sesuai dengan penelitian mereka di bidang sosial ekonomi peternakan. Pelatihan ini sangat diperlukan untuk meningkatkan kapasitas para dosen, anggota PERSEPSI, dan mahasiswa S2 serta S3. Peserta yang hadir berjumlah 50 orang, terdiri dari dosen Sosial Ekonomi Peternakan, anggota PERSEPSI Komda Sulselbar, serta mahasiswa pascasarjana.

Ketua PERSEPSI Komda Sulselbar, Prof Ahmad Ramadhan Siregar menekankan pentingnya pelatihan ini untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta dalam penelitian, baik kualitatif maupun kuantitatif. Ia juga berharap para anggota PERSEPSI dapat menyelesaikan tulisan mereka untuk diseminarkan pada seminar PERSEPSI di Padang, November mendatang, dengan dukungan dana sebesar Rp. 10.000.000.

Sementara Dekan Fakultas Peternakan, Syahdar Baba mengucapkan terima kasih kepada Departemen Sosial Ekonomi Peternakan atas inisiatifnya menyelenggarakan pelatihan ini. Ia menekankan pentingnya pelatihan ini untuk memenuhi kebutuhan individu dosen dalam kenaikan pangkat dan percepatan capaian Indeks Kinerja Utama (IKU) fakultas.

Pelatihan ini menghadirkan beberapa narasumber ahli, yaitu: Prof. Dr. Ir. Stang, M.Kes, yang membahas statistik penelitian kuantitatif dan kualitatif, jenis data, dan asumsi penggunaannya dalam penelitian. Prof. Dr. Abdul Razak Munir, SE., M.Si., M.Mktg., C.MP, CMA, yang fokus membahas penelitian kuantitatif, alat analisis seperti Structural Equation Modeling (SEM), serta studi kasus dalam penelitian SEM pada kajian Sosial Ekonomi Peternakan. Dr. Sakaria, S.Sos., M.Si, yang membahas penelitian kualitatif, alternatif penggunaan alat analisis, dan contoh kasus penelitian kualitatif pada kajian sosiologi peternakan.

Pelatihan ini diharapkan dapat menghasilkan tulisan-tulisan berkualitas yang menggunakan model atau alat analisis yang tepat dan menjawab permasalahan dengan efektif. (*)

News Feed