English English Indonesian Indonesian
oleh

Dosen Farmasi UMI Teliti Daun Jeruk Purut Bisa Obati Jerawat

Selanjutnya, diamkan semalaman untuk menghilangkan gelembung udara yang terjebak selama pengadukan. Kemudian dilakukan beberapa pengujian seperti pengujian stabilitas fisik sediaan gel,uji organoleptis, pemeriksaan pH, pemeriksaan viskositas sediaan, pemeriksaan daya sebar sediaan, terakhir dilakukan uji potensi gen daun jeruk purut.

“Cara penggunaanya diaplikasikan ke wajah yang telah dibilas dengan air lalu topikal bentuk gel yang dioleskan kebagian kulit yang berjerawat,” ujarnya.

Ia menuturkan kondisi udara saat ini sudah sangat tidak sehat dan kita banyak beraktivitas di luar ruangan dan terpapar oleh adanya radikal bebas, maka dibutuhkan antioksidan untuk menangkal efek radikal bebas baik yang terbentuk dari dalam maupun luar tubuh.

“Makanya dibutuhkan salah satu antioksidan yang berasal dari alam yaitu tanaman daun jeruk purut yang gampang sekali didapat dan merupakan tumbuhan khas Indonesia, pengembangan dari daun jeruk purut ini selain sebagai Antioksidan yang telah diteliti,daun jeruk purut pula dapat dikembangkan menjadi sediaan gel yang digunakan secara topikal yang dapat digunakan sebagai obat yang bisa meredakan jerawat,” jelasnya,

Ia menambahkan dalam riset ini dilakukan hingga tiga bulan dalam bentuk formulasi.” Sementara ini tim kami akan membuat produknya langsung yang akan dicobakan di kalangan UMI Makassar,” tambahnya. (irm/lin)

News Feed