English English Indonesian Indonesian
oleh

Dosen Farmasi UMI Teliti Daun Jeruk Purut Bisa Obati Jerawat

FAJAR, MAKASSAR – Jeruk perut tak hanya menjadi pelengkap sajian hidangan, tetapi juga bisa mengatasi berbagai masalah kesehatan maupun kecantikan. Salah satunya, daunnya bisa menjadi obat jerawat yang diolah menjadi gel topikal.

Pemanfaatan jeruk purut mengatasi jerawat sudah diteliti dosen Fakultas Farmasi UMI Makassar. Sekadar diketahui, jeruk purut ( citrus hystrix ) merupakan tanaman berasal dari famili rutaceae yang mengandung senyawa flavonoid, minyak atsiri, tanin, dan steroid yang berkhasiat sebagai antioksidan dan antimikroba

Dosen Farmasi UMI, Apt Andi Amaliah Dahlia, S.Farm, M.Si kepada FAJAR menjelaskan ekstrak daun jeruk purut memiliki sifat antibakteri yang efektif, Khususnya dalam merawat kulit yang rentan terhadap jerawat. Daun jeruk purut, yang dikenal memiliki khasiat sebagai antioksidan dan antimikroba, kini dikembangkan menjadi sediaan gel topikal yang dapat digunakan sebagai obat jerawat.

“Terdapat kandungan jeruk purut seperti minyak atsiri, senyawa flavonoid dan fenolik yang dapat mengobati jerawat, minyak atsiri dari daun jeruk purut memiliki aktivitas antibakteri yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri terhadap bakteri Staphylococcus epidermis pada konsentrasi 3 persen.

Namun, pertama-tama dilakukan formulasi terlebih dahulu dari beberapa bahan berupa bahan minyak atsiri dari daun jeruk purut, carbomee, tween 80, TEA 4 persen, propyenglycol 15 persen, EDTA 0,1 persen dan BHT 0,05 persen yang diolah menjadi gel.

Untuk pengolahannya, daun jeruk purut dikumpulkan lalu disortir. Kemudian dicuci bersih lalu dilakukan pengubahan bentuk dan siap untuk diekstraksi dengan proses destilasi. Kemudian pembuatan gelnya dilakukan beberapa tahapan, yakni; jeruk purut didestilasi untuk mengambil minyak atsirinya. Lalu dibuatkan formulanya dengan menambahkan dan mencampurkan dan bahannya diaduk sampai homogen.

News Feed