English English Indonesian Indonesian
oleh

Cooperative Day Gelar Fun Walk, Hadirkan 1.700 Orang Keluarga Besar Koperasi di Makassar

FAJAR, MAKASSAR—Cooperative Day digelar dalam rangka peringatan Hari Koperasi Nasional adalah Fun Walk. Event tersebut mendatangkan ribuan masyarakat atau keluarga besar koperasi. Berlangsung di Monumen Mandala, Jl. Jenderal Sudirman, pada Minggu, 14 Juli.

Peserta Fun Walk dilepas oleh Asisten I Pemkot Makassar, Muhammad Yasir. Ia mengatakan bahwa mereka melihat antusiasme masyarakat yang semakin gemar berolahraga.

Menurut Muhammad Yasir, kegiatan fun walk ini selain sebagai ajang silaturahmi juga sebagai ajang untuk menyehatkan.

“Kita berolahraga bersama, sehat bersama, dan silaturahminya dapat,” tuturnya.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Makassar, Mohammad Rheza, mengatakan bahwa sekitar 1.700 pegawai koperasi di Makassar ikut dalam agenda ini, termasuk dari perbankan. Ini terdiri dari sekitar 44 koperasi, perbankan, dan juga didukung oleh OJK.

“Sebelum fun walk ini, kami telah melangsungkan beberapa rangkaian kegiatan perayaan Hari Koperasi Nasional tahun ini seperti pameran, talkshow dan sharing session, business matching, dan beragam lomba-lomba,” tuturnya.

Kepala Bidang Kelembagaan Koperasi Diskop dan UKM Kota Makassar, Muh Sukma Saleh, menyampaikan bahwa fun walk bertujuan sebagai ajang sosialisasi memperkenalkan bahwa gerakan koperasi semakin besar dan berkembang.

Sejauh ini, ada 1.967 koperasi di Makassar. Sebanyak 1.054 di antaranya merupakan koperasi yang aktif melayani masyarakat, dan lebih dari 913 lainnya masuk kategori tidak aktif.

“Koperasi ini sebagian besar memiliki UMKM binaan. Artinya, kehadiran koperasi memberi dampak besar bagi pelaku UMKM,” ucapnya.

Koperasi memberikan bantuan permodalan untuk kebutuhan penunjang UMKM dalam menjalankan usahanya. (wis/*)

News Feed