English English Indonesian Indonesian
oleh

TIM PKM-PM Gau Mabaji UNM Tingkatkan Kognitif dan Kualitas Hidup Lansia Lewat Terapi Bahasa

FAJAR, GOWA – Tim Program Ktreatifitas Mahasiswa (PKM) Gau Mabaji Universitas Negeri Makassar (UNM) melaksanakan pengabdian di Yayasan Sentra Gau Mabaji di Kabupaten Gowa.

Kegiatan ini mengusung tema Language Therapy Model (LTM) untuk peningkatan kognitif dan kualitas hidup lansia dengan afasia.

Kegiatan ini telah berlansung dari 19 Juni hingga 3 Juli 2024 dan diikuti oleh 11 Lansia.

Ketua Tim Pelaksana Umrah menuturkan bahwa program ini dapat memberikan perubahan signifikan pada lansia sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup menjadi lebih bermakna.

“Dengan pengabdian ini, dapat memberikan perubahan signifikan pada lansia di panti ini yang membutuhkan pendampingan sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup menjadi lebih bermakna di sisa usianya,” jelas Umrah.

Lebih lanjut, Umrah mengungkapkan bahwa terapi bahasa adalah kunci dari kegiatan ini. “Program ini dilakukan dengan model terapi bahasa yang terdiri dari Sembilan tahap pelatihan,” tambah Umrah.

Selanjutnya, Pengelola Panti Sosial Gau Mabaji Gowa, Ayu mengemukakan pihaknya siap mengawal pelaksanaan kegiatan ini karena dapat membantu para perawat dalam menghadapi lansia.

“Tentunya kami sangat senang, kami juga siap mengawal adik-adik mahasiswa selama pelaksanaan,” jelas Ayu. (ams)

News Feed