English English Indonesian Indonesian
oleh

Diskop Gelar Cooperative Expo 2024, Target Rp2 Miliar Pendapatan dalam Dua Hari

FAJAR, MAKASSAR-Dinas Koperasi dan UKM (Diskop) Kota Makassar kembali menggelar Cooperative Expo 2024. Kegiatan tersebut sebagai rangkaian peringatan hari Koperasi Nasional ke-77 tahun tingkat Kota Makassar.

Cooperative expo 2024 menghadirkan puluhan tenant binaan Diskop, Koperasi dan perbankan digelar di Mal Phinisi Point, Jumat-Minggu, 12 hingga 14 Juli.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Makassar, Muhammad Rheza memgatakan jika cooperative expo tahun ini mengajak sejumlah UMKM binaan dari mitra untuk memperkuat peran imunitas ekonomi.

“Ini tahun kedua kita laksanakan expo cooperative dengan mengajak para UMKM binaan koperasi, binaan perbankan kita padukan semua, sebagai bentuk partisipasi,” katanya.

Apalagi dalam tenant yang diikutsertakan ada Lembaga Pengelolaan Dana Bergulir (LPDB), yang ada di bawah naungan Kementerian Koperasi dan UMKM Republik Indonesia.

Kata Rheza, LPDB hadir memberikan bantuan permodalan kepada koperasi-koperasi. Maka dari itu, pihaknya berharap dalam expo ini ada transaksi yang terjadi antara LPDB dengan koperasi-koperasi.

“Tahun lalu itu 2 miliar lebih transaksi, termasuk bantuan dari LPDB. Tahun ini kita berharap bisa lebih dari 2 miliar dari semua rangkaian kegiatan di Expo cooperative ini,” cetusnya.

Asisten III Pemkot Makassar, Irwan Bangsawan mengatakan melalui expo ini dapat melihat berbagai inovasi yang telah dilakukan oleh koperasi.

Lalu serta mempelajari best practice dari koperasi lain yang telah berhasil dalam mengembangkan usahanya.

“Kami berkomitmen untuk memberikan fasilitas dan kemudahan bagi koperasi, termasuk akses permodalan, pelatihan, dan bimbingan teknis,” ungkapnya.

Selain itu lanjut Irwan, pemerintah kota Makassar akan terus mendorong sinergi antara koperasi, dunia usaha, dan pemerintah dalam rangka menciptakan ekosistem mendukung pertumbuhan koperasi.

“Saya juga mengajak seluruh masyarakat untuk lebih mengenal dan mendukung produk-produk koperasi. Mari kita bangga menggunakan produk lokal yang dihasilkan oleh koperasi kita,” jelasnya.

Untuk rangkaian kegiatan expo cooperative ada Talk show, Business Matching Smesco Idol, Cerdas Cermat Smesco, Lomba Senam, Lomba Mewarnai Cilik, Entertainment serta jalan sehat. (wis)

News Feed