English English Indonesian Indonesian
oleh

Tidak Takut Lawan Petahana, Sejumlah Wakil Bupati di Sulsel Berambisi Naik Kelas

Sosok lainnya yakni mantan Wakil Bupati Bulukumba di era kepemimpinan Andi Sukri Sappewali yakni Tomy Satria Yulianto. Saat ini dia menjadi kader PKB. Figur lain yang maju bertarung yakni Wakil Bupati Tana Toraja Zadrak Tombeng, diketahui saat ini dia juga mejabat sebagai Ketua Gerindra Tana Toraja.

Sementara di Toraja Utara (Torut), mantan wakil bupati rederik Victor Palimbong baru-baru ini mendapatkan surat tugas dari Demokrat maju di Pilkada. Selain itu, saat ini dia juga saat ini menjabat sebagai Ketua Gerindra Torut. Sehingga pengalaman terkait dengan pemerintah di Torut sudah dimilikinya.

Pengamat Politik Universitas Hasanuddin (Unhas) Andi Ali Armunanto, memandang bahwa beberapa wakil bupati yang maju bertarung di Pilkada ini menjadi kosong satu itu punya kans besar menang. “Mereka sudah punya pengalaman dan mereka sudah cukup dikenal oleh masyarakat,” ucapnya, Rabu, 10 Juli.

Karaeng Kio di Gowa misalnya, Ali menyebut wakil bupati dua periode itu sudah sangat dikenal. Terutama di basis pemilihnya di wilayah dataran tinggi Gowa. Performa politiknya juga cukup bagus selama mendampingi Adnan.

Ali menilai Karaeng Kio sangat layak untuk maju menjadi kosong satu di Gowa. Meski demikian, Karaeng Kio masih membutuhkan figur lain sebagai pasangan untuk memperkuat hal-hal yang lemah pada dirinya. Sebab, lawan-lawannya juga kuat. Ada Amir Uskara (PPP) dan Darmawangsyah Muin (Gerindra).

“Misalnya pada segi permodalan, segi partai, akses elektoralnya, misalnya Karaeng Kio kuat di daratan tinggi, namun tidak terlalu menguasai daerah dataran rendah,” tuturnya.

News Feed