English English Indonesian Indonesian
oleh

Southgate Ungkap Alasan Masukkan Watkins dan Gantikan Kane yang Jadi Penentu Inggris Lolos Final Piala Eropa 2024

FAJAR, DORTMUND–Sebuah keputusan penting diambil Gareth Southgate di menit-menit akhir pertandingan Inggris kontra Belanda di babak semifinal Piala Eropa 2024.

Ia menarik keluar sang kapten, Harry Kane serta Phil Foden di menit ke-81 dan memasukkan Ollie Watkins dan Cole Palmer. Pada akhirnya, keputusan itu menjadi kunci kemenangan.

Umpan Palmer diselesaikan dengan baik oleh Watkins di menit ke-90+1. Inggris menang 2-1 setelah gol Xavi Simons di menit ke-7 dibalas Harry Kane melalui titik putih pada menit ke-18.

“Kami merasa, dari segi energi, kami mulai kehilangan sedikit tekanan, dan Harry [Kane] mengalami cedera. Ollie [Watkins] dapat menekan dengan baik dan mengejar ketinggalan. Kami merasa ini adalah momen yang bagus untuk mencobanya,” jelas Gareth Southgate terkait keputusannya di UEFA.com.

Ia mengaku sangat bahagia untuk sang pemain yang mendapat sedikit menit bermain karena ketatnya persaingan di lini serang Inggris. “Saya sangat bersemangat untuk Ollie mendapatkan momennya,” ujarnya.

Terkait tiket final ini, Southgate sangat senang. “Untuk dapat membawa Inggris ke final [besar] pertama di luar negeri, saya sangat bangga akan hal itu,” tegasnya.

Sementara itu, Ollie Watkins mengatakan ini adalah momen yang ia nantikan. “Saya telah menunggu momen itu selama berminggu-minggu. Saya mendapat kesempatan dan memanfaatkannya dengan kedua tangan,” katanya.

Saat akan masuk, Watkins mengaku sudah berbicara dengan Palmer pemberi assistnya. “Saya berkata kepada [Cole Palmer]: ‘Kami akan masuk dan Anda’ ‘akan menjebakku.’ Saya tahu, begitu dia mendapatkan bola, dia akan memberikan umpan kepada saya. Ketika bola mengarah ke sudut bawah, itu adalah perasaan terbaik yang pernah ada,” tandasnya. (amr)

News Feed