English English Indonesian Indonesian
oleh

MPLS Jenjang SD, Ajang Adaptasi dan Sosialisasi Murid

FAJAR, MAKASSAR-  Jam menunjukkan pukul 07.10 Wita, satu per satu murid berseragam merah putih rapi memasuki gerbang SDN Gunung Sari 1 Makassar. Mereka diantar orang tua masing-masing.

Di lengan kanan anak, diberi pita. Ada berwarna merah dan juga hijau. Juga ada papan nama yang dipasang setiap baju anak.

Pita itu untuk membedakan antara murid kelas 1 A dan 1 B. Sekadar diketahui, di sekolah  yang terletak di Kelurahan Gunung Sari Kecamatan Rappocini ini, memiliki dua rombongan belajar. Setiap rombel diisi 24 murid.

Kamis,  11 Juli 2024, murid baru jenjang SDN mengikuti Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Khusus di SDN Gunung Sari 1, kegiatan digelar hingga Sabtu, 13 Juli 2024.

MPLS diperlukan dalam rangka penerimaan siswa baru di sekolah untuk mendukung proses pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pendidikan nasional.

Hari pertama, murid diberi materi pengenalan tentang apa-apa yang ada di lingkungan sekolah, beserta fungsinya. Selanjutnya, diajak keliling di area sekolah oleh wali kelas masing-masing, untuk ditunjukkan langsung sarana yang ada di sekolah.

Kemudian, pengenalan tata krama dan sopan santun. Hari kedua; materi pembiasaan zikir, doa dan salat duha dan materi penguatan pendidikan karakter. Terakhir, pengenalan kepramukaan dan tukar kado perpisahan.

Kepala Sekolah UPT SPF SDN Gunung Sari 1 Makassar, Idrus S.Pd, M.Pd menuturkan, momentum MPLS ini merupakan masa-masa yang sangat dibutuhkan anak-anak agar mereka bersosialisasi, saling mengenal karakter yang bagus dan positif serta menanamkan ke mereka agar bisa tumbuh menjadi pribadi potensial jasmani dan rohani.

News Feed