English English Indonesian Indonesian
oleh

Hadiri Konfrensi Internasional Intitut Leimena, UMI Dukung Perdamaian Dunia

FAJAR, MAKASSAR– Pimpinan Universitas Muslim Indonesia (UMI) menghadiri langsung International Conference on Cross Cultural Religious Literacy bertajuk ‘Multi-Faith Collaborations in An Inclusive Soviety’ pada 10-11 Juli 2024.

Executive Directore Leimena Institute, Matius Ho mengatakan menerangkan bahwa sebagai mitra strategis, UMI sebagai mitra Leimena Institute terus menunjukkan konsistensi dalam mewujudkan pemahaman terhadap literasi antar budaya.

“Kegiatan ini juga tidak akan terlaksana tanpa kerjasama dengan UMI. Karena kerjasama dengan UMI begitu penting sebab kami memulai program literasi keagamaan lintas budaya dimana bisa menghadirkan berbagaie peserta di seluruh dunia,” ungkapnya.

Rektor UMI, Prof Sufirman Rahman, menegaskan fenomena global seperti konflik kemanusiaan adalah tanggung jawab semua orang. UMI selalu berdiri pada cita-cita mewjudkan perdamaian abadi.

“Kegiatan ini sangat baik sekali. Fenomena atau konflik global salah satunya di Palestina. Momen saat saat ini adalah kesempatan yang baik dimana menunjukan kesadaran dunia tentang bagaimana penyelesaian konflik kemanusiaan,” katanya.

Duta Besar, Prof Alwi Abdurrahman Shihab, mengaku berbangga atas eksistensi UMI dalam setiap forum nasional dan internasional yang membahas tentang bagaiman penyelesaian konflik kemanusiaan.

“Kami merasa berbangga dengan kehadiran UMI. Ini menunjukkkan semangat yang dibawa oleh UMI bukan hanya level nasional tetapi internasional. Kita mau UMI terus memunculkan dirinya dalam konferensi internasional,” bebernya.

Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi, dan dihadiri sederet pejabat diantaranya Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta AG Prof KH Nasaruddin Umar, Prof Alwi Abdurrahman Shihab, Duta Besar.

Juga Diplomat Pimpinan ormas dan Perguruan Tinggi mitra institut leimena، guru madrasah alumni pelatihan Literasi beragama serta masih banyak lagi.

Selain Rektor UMI, hadir juga Wakil Rektor (WR) I Hanafi Ashad, WR II Prof Salim Basalamah, WR IV KH M Ishaq Shamad, WR V Prof Muh Hattah Fattah, Direktur PPs UMI dan Kepala Humas, Protokoler dan Kerjasama UMI. (wis)

News Feed