English English Indonesian Indonesian
oleh

Rancang Aplikasi untuk Mudahkan Perawatan Kucing di Rumah

FAJAR, MAKASSAR— Tim Paws Care dari prodi Teknik Komputer Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar (UNM) merancang aplikasi sebagai solusi cerdas untuk pelayanan dan perawatan hewan peliharaan, khususnya kucing dan anjing.

Mahasiswa yang tergabung dalam tim ini yakni; Muh. Fajrin Bakri, Shahnaz Tasha Kurnia, dan Nidya Ananda Fachrul, menghadirkan inovasi berupa aplikasi mobile bernama Pawsitive Care.

Inovasi tersebut mengantarnya menyabet juara tiga dalam kompetisi Hackathon Devforge secara nasional. Event yang diikuti beberapa perguruan tinggi ini digelar di Universitas Ciputra Makassar, Senin 8 Juli 2024.

Anggota Tim Paws Care UNM, Nidya Ananda Fachrul mengatakan fokus utama pada kompetisi ini adalah pengembangan solusi inovatif untuk Smart City. Ide tersebut, kata dia, sebagai langkah inovatif yang dapat memberikan dampak positif dalam meningkatkan kualitas hidup hewan peliharaan dan pemiliknya di lingkungan perkotaan.

Ia menuturkan, cara kerja aplikasinya yakni pemilik anabul ataupun anjing bisa mendownload aplikasi tersebut di appsore, kemudian, di aplikasi tersebut muncul beberapa fitur fitur pemantau kesehatan yakni Pet Profile.

“Pemilik anabul bisa memasukkan jenis anabul dan usianya. Sehingga aplikasi ini dapat memberikan rekomendasi kebutuhan anabul disesuaikan dengan kebutuhannya masing-masing,” tuturnya.

Selain itu, secara otomatis juga memungkinkan kebutuhan anabul berdasarkan ras, ukuran ras, umur, dan gender. Selain itu juga bisa memilih beragam produk kebutuhan seperti makanan dan perawatan growming atau mandi.

News Feed