English English Indonesian Indonesian
oleh

Pengembang Sasar Ajatappareng dan Lutra

Akselerasi REI Sulsel ke daerah-daerah untuk membangun kota mandiri dengan penyediaan hunian. menyediakan rumah. Namun rumah yang akan dibangun tersebut akan menyasar rumah subsidi bagi masayarakat menengah ke bawah.

Selain itu, pihaknya juga mengundang beberapa stakeholder yang merupakan mitra kerja untuk mendukung program yang baru dicetuskan ini. “Jadi memang program baru kita itu untuk membangun kota mandiri, dan yang pertama dilakukan pembangunan adalah Maros dan Gowa,” terangnya

Terpisah, Humas REI Sulsel, Usman Genda menuturkan rencana pembangunan kawasan perumahan kota mandiri akan dilakukan di setiap daerah. Namun langkah awal akan menyasar Gowa, Maros, dan Makassar.

Pembangunan kawasan kota Mandiri di Gowa dan Maros tetap menggunakan mekanisme rumah tapak. Namun untuk di Makassar akan dibangun dengan konsep vertikal. Hal ini dikarenakan ketersediaan lahan di Makassar sudah sangat terbatas.

Rencana pembangunan kota baru tersebut selain menyediakan rumah layak huni untuk masyarakat juga bisa menata pemukiman. Mulai daerah munculnya daerah bisnis baru, sekolah, pasar, hingga menghilangkan daerah kumuh.

“Rencana pembangunan kota mandiri tersebut sudah dibicarakan dengan pemerintah. Hal ini guna ketersedian lahan,” kata Usman Genda, Selasa, 2 Juli 2024

Lebih lanjut Usman Genda menjelaskan kebutuhan rumah subsidi terus meningkat. Sehingga komplek perumahan kota mandiri dirancang bukan hanya dikuasai oleh satu pengembang saja. Namun akan ada banyak pengembang.

“Rencanya nanti konsep kawasan yang dilengkapi fasilitas pendukung lainnya. Sehingga membentuk kota Mandiri,” ucapnya. (sae-edo)

News Feed