English English Indonesian Indonesian
oleh

Kenaikan Harga Semen Hambat Pembangunan Rumah di Parepare

*Jika BBM Langka,
Material Mahal

FAJAR, PAREPARE- Meskipun pengembangan kawasan di Parepare dilakukan secara masif, namun tetap saja mengalami sejumlah hambatan yang berdampak terhadap progres pembangunan rumah. Salah satunya, mahalnya harga semen jika solar langka.

Kelangkaan solar berefek pada kenaikan biaya transportasi angkutan logistik. Kondisi itu berdampak pada kenaikan harga material, khususnya semen.

Hal tersebut diungkap Koordinator Wilayah Ajatappareng REI Sulsel Hermanto. Ia menuturkan kendala pengembangan perumahan di tiap daerah berbeda-beda. Untuk di Parepare, kata dia, para pengembang mengeluhkan harga material khususnya semen yang kadang mengalami kenaikan saat solar langka.

“Kaitannya dengan material. Karena saya lihat ini material khususnya semen itu kadang berubah-rubah harga. Kalau lagi langkah solar pasti ada kenaikan harga semen,” kata Anggota DPRD Parepare ini.

Kondisi tersebut, lanjutnya, berpengaruh terhadap para pengembang. Ketika material ini tidak tentu harga, kadang stabil dan kadang naik.

Sementara itu, Pjs. Area Manager Communication, Relation, dan CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi, Romi Bahtiar mengatakan pihaknya terus mengupayakan pendistribusian BBM berjalan lancar, agar bisa mencukupi kebutuhan seluruh masyarakat dan industri di Sulsel.

Romi menambahkan saat ini memang ada peningkatan aktivitas transportasi dan pertumbuhan kepemilikan kendaraan roda dua dan roda empat hampir di seluruh wilayah, dan itu terus terjadi. “Aktivitas industri yang menggunakan truk pengangkut serta peralatan untuk mengolah membutuhkan BBM juga terus meningkat,” ujarnya,

News Feed