English English Indonesian Indonesian
oleh

Belanda vs Inggris: Memori Manis Ronald Koeman

FAJAR, DORTMUND—Belanda akan menghadapi Inggris di semifinal kedua Piala Eropa 2024, dini hari nanti. Laga di BVB Stadion Dortmund ini menjadi pertandingan spesial bagi Pelatih Belanda, Ronald Koeman.

Tepat 36 tahun lalu, di EURO 1988, Belanda meraih gelar Piala Eropa pertamanya bersama generasi emas mereka yang dipimpin pelatih Rinus Michels. Sata itu, Koeman sebagai kapten tim menjadi tulang punggung De Oranje bersama Marco van Basten dan Ruud Ruud Gullit.

Di babak semifinal waktu itu, Belanda mengalahkan tuan rumah Jerman Barat. Koeman mencetak gol pertama mereka dari titik penalti dalam kemenangan 2-1 timnya. Lalu, di partai puncak yang berlangsung di Munich, mereka menekuk Uni Soviet lewat gol-gol Ruud Gullit dan Van Basten.

Dalam perjalanan mereka menjadi raja Eropa, Koeman dan kawan-kawan juga sempat menghadapi Inggris di fase grup. Itu menjadi pertemuan pertama Belanda dan Tim Tiga Singa di ajang EURO.

Pada laga yang berlangsung di Rheinstadion, Düsseldorf itu, Marco van Basten membawa Belanda unggul satu menit sebelum jeda yang dibalas Bryan Robson pada menit ke-53. Van Basten kemudian menghancurkan pasukan Bobby Robson dengan  hat-tricknya setelah mencetak dua gol lagi di menit ke-71 dan 75.

Memori kemenangan atas Inggris dan perjalanan mereka meraih gelar tertinggi di Benua Biru melekat dalam ingatan Koeman. Makanya, ia menyebut pertandingan melawan Inggris ini sebagai duel bersejarah.

“Ini akan menjadi malam yang luar biasa pada hari Rabu (Kamis) antara dua negara besar – malam yang bersejarah,” kata Koeman di UEFA.com.

News Feed