English English Indonesian Indonesian
oleh

Preview Spanyol vs Prancis: Bongkar Benteng

FAJAR, MUNICH—Spanyol menjadi favorit di babak semifinal Piala Eropa 2024. Namun, mereka harus bekerja keras membongkar benteng kokoh  Prancis.

Hanya selangkah lagi dari Berlin, Spanyol dan Prancis harus saling bunuh di Allianz Arena, Munich, dini hari nanti. Untuk jadi pemenang dan melenggang ke final, kedua tim membutuhkan penampilan terbaik.

Mencatatkan rekor sempurna sejak fase grup, La Roja, julukan Spanyol melenggang ke semifinal dengan menyingkirkan tuan rumah Jerman di babak delapan besar. Bertarung hingga extra time, Spanyol menang 2-1 berkat gol Mikel Merino di menit 119.

Sementara Les Bleus, mereka mencapai babak empat besar lewat kemenangan adu penalti yang menegangkan melawan Portugal. Tak ada gol selama 120 menit dan mereka menang 5-3 saat tos-tosan.

Dengan 11 gol yang sudah mereka lesakkan sejauh ini, Spanyol menjadi tim tersubur turnamen. Dan ketajaman mereka akan mendapat ujian sesungguhnya di laga nanti.

Prancis memang seret gol. Mereka sejauh ini baru menghasilkan tiga gol. Dua hasil bunuh diri dan satu lainnya dicetak Kylian Mbappe dari titik penalti.

Tapi patut diingat bahwa mereka punya pertahanan yang nyaris tidak bisa ditembus. Sejauh ini, hanya penalti Robert Lewandowski yang bisa menggetarkan jala gawang Mike Maignan.

Namun, Pelatih Spanyol, Luis De la Fuente meyakini pasuaknnya akan meruntuhkan benteng Tim Ayam Jantan. Menurutnya, melihat apa yang sudah dilakukan anak asuhnya, ia yakin mereka bisa menghancurkan siapa pun..

“Para pemain saya tidak pernah puas. Mereka terbiasa bersaing di level tertinggi dan mereka punya peluang untuk menang [juara turnamen]. Tim ini akan selalu bersaing,” katanya di UEFA.com.

News Feed