English English Indonesian Indonesian
oleh

Pemkab Bone Mulai Rampungkan Utang ke Kontraktor

FAJAR, BONE-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone mulai merampungkan utang kepada kontraktor. Utang ini merupakan pembayaran atas pengerjaan proyek tahun 2023 yang belum sempat diselesaikan oleh Pemkab. Nilai total utang mencapai Rp65 miliar, yang telah dibayarkan secara bertahap sejak awal tahun.

Besaran utang terakhir yang dibayarkan sebesar Rp15 miliar, merupakan utang untuk pengerjaan proyek yang menyeberang tahun. Sementara itu, sisa utang lainnya telah dibayarkan Pemda secara bertahap sejak awal tahun untuk proyek-proyek yang rampung pada tahun 2023 sebelum tahun anggaran ditutup.

“Jadi seluruh berkas utang itu sudah dirampungkan. Besarannya Rp15 miliar yang terakhir,” ujar Kepala BKAD Bone, Andi Irsal.

Selain utang, Pemkab Bone juga mulai mengucurkan gaji ke-13 untuk seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN). Pembayaran ini sudah mulai dilakukan pada Selasa, 2 Juli kemarin.

“Untuk gaji ke-13 di lingkup Pemda Bone sudah dirampungkan, sudah cair,” ujar Andi Irsal.

Irsal mengatakan, pembayaran gaji ke-13 ini tidak menyalahi aturan dan tetap cair sesuai dengan waktunya, tepatnya pada bulan Juli setiap tahunnya. Hal ini juga sudah sesuai dengan masa libur anak sekolah, sehingga peruntukan gaji ke-13 bagi ASN sudah tepat.

“Kan kemarin ada yang bilang semua pegawai protes, padahal tidak, ini tidak ada keterlambatan,” terang Irsal.

Total nilai gaji ke-13 yang dibayarkan mencapai Rp50 miliar. Selain gaji ke-13, Pemkab Bone juga telah membayarkan tunggakan kenaikan gaji 8 persen untuk PNS, yang mana di awal tahun telah dinaikkan melalui PP No 5 Tahun 2024.

“Total besaran untuk kenaikan gaji 8 persen untuk seluruh PNS mencapai Rp9 miliar,” sambung Irsal.

Saat ini, tersisa TPP yang belum dirampungkan Pemda Bone. Diketahui Pemda Bone baru membayarkan TPP untuk bulan Januari dan Februari. Saat ini, tengah diusulkan Peraturan Bupati (Perbub) untuk pemangkasan 25 persen TPP dalam pembahasan bersama DPRD beberapa waktu lalu, menyusul masalah PAD yang belum optimal di lingkup Pemda Bone.

“Jadi sisa TPP ini berjalan terus akan kita bayarkan,” tandas Irsal.

Sementara itu, terkait gaji ke-13 ini, dibenarkan oleh salah seorang PNS, Andi Habibie. Kepala Bidang Tata Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bone ini mengaku sudah mendapatkan gaji ke-13-nya.

“Alhamdulillah, gaji ke-13 sudah cair. Sebagai ASN, kami bahagia karena untuk anak sekolah,” jelasnya. (ar/*)

News Feed