English English Indonesian Indonesian
oleh

TSM Unjuk Kekuatan: Parpol Merapat, Tawarkan Pendamping

FAJAR, PAREPARE-Ketokohan Tasming Hamid (TSM) tidak bisa disepelekan pada Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Parepare 2024. Bakal calon wali kota (cawalkot) Parepare itu dianggap kuat.

Hal tersebut dibuktikan pada kegiatan TSM Day yang merupakan kegiatan jalan santai sekaligus pelantikan Pengurus DPD Nasdem Parepare. Masyarakat Parepare membanjiri kegiatan yang dilaksanakan Parepare di Alun-alun Lapangan Andi Makkasau Kawasan Monumen Cinta Habibie-Ainun, Minggu, 7 Juli 2024.

Apalagi TSM pada saat Pileg 2024, menunjukkan tajinya di level provinsi dengan perolehan suara terbanyak di dapil Sulsel 6 meliputi Parepare, Barru, Pangkep dan Maros. Ketua DPD Nasdem Parepare itu memperoleh suara tertinggi yakni 42 ribu. Khusus Parepare mencapai 38 ribu lebih suara sah.

Saat ini TSM sudah mendapatkan rekomendasi dari Partai Nasdem dan PKS. Kedua partai ini membentuk koalisi ini untuk memenangkan Pilwalkot Parepare. Beberapa partai juga melakukan pendekatan dengan membidik pendamping TSM di Pilwalkot Parepare.

Seperti, Ketua DPC Hanura Hermanto yang melakukan komunikasi secara intens dengan Nasdem dan PKS. Diketahui, Hermanto kembali terpilih menjadi Anggota DPRD Parepare pada Pileg 2024. Ia juga berharap Hanura bisa tergabung dengan koalisi Nasdem-PKS. “Mudah-mudahan PKS dengan Nasdem satu koalisi bisa bergabung Hanura di koalisi,” ucap Hermanto.

Dua tokoh masyarakat Parepare, H. Alang Sattung dan H. Syamsul Latanro (HSL) sebelumnya merespons positif terkait paket Tasming Hamid dan Hermanto (TSM-Hermanto), yang kini mencuat di Pilkada Parepare. Alang Sattung mengatakan, secara pribadi pihaknya berharap apa yang diinginkan masyarakat Parepare dengan melihat euforia yang ada, mayoritas menginginkan Tasming Hamid menjadi Wali Kota Parepare. “Terkait pendamping Tasming Hamid, terlihat sangat serasi bersama Hermanto, dan memang sangat pas,” katanya.

Alang Sattung mengungkapkan, TSM-Hermanto merupakan pasangan ideal dan keduanya punya aura kesejukan. “Jadi, cocok mi (paket TSM-Hermanto),” jelas Alang Sattung.

Sementara HSL mengungkapkan, TSM-Hermanto merupakan paket figur muda yang sangat ideal untuk memimpin Parepare. Keduanya, kata HSL, memiliki karier politik yang cemerlang, dan sukses di DPRD. “Saling melengkapi, dengan kekuatan basis massa yang jelas,” pungkasnya.

Selain itu, Gelora Parepare juga mendekati koalisi Nasdem-PKS di Parepare. Sebelumnya, DPD Gelora Parepare mengusung Asriady Samad untuk maju di Pilwalkot Parepare. “Kitakan Gelora hubungan emosionalnya dengan Nasdem itukan luar biasa. Banyak sejarah yang kita buat dengan Nasdem,” kata Asriady Samad saat mengahiri TSM Day.

Asriady mengungkapkan, kini sinyal Gelora gabung di koalisi Nasdem-PKS semakin kuat. “Itu ada sinyal makin kencang. PKS-Gelora-Nasdem bisa jadi. Semua bisa terjadi,” ungkapnya.

PKS juga merekomendasikan lima nama untuk mendampingi TSM di Pilwalkot Parepare. Mereka yaitu, Rektor Institut Andi Sapada Parepare Prof Bakhtiar Tijjang, Rektor IAIN Parepare Prof Hannani, Sekda Kota Parepare Muhammad Husni Syam. Selain itu, dua caleg terpilih DPRD Parepare dari Partai PKS Parepare, Sappe, dan Jusvari Genda. (ams/*)

News Feed