English English Indonesian Indonesian
oleh

Sudibyo Markus Dorong Muhammadiyah Rumuskan Fikih Kemanusiaan

FAJAR, MAKASSAR- Majelis Pustaka dan Informasi (MPI) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sulsel berkolaborasi dengan Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar kembali menggelar diskusi buku.

Mengangkat judul “Dunia Barat dan Islam: Visi Ulang Kemanuisiaan Universal”. Diskusi digelar di Aula Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Unismuh Makassar, Sabtu, 6 Juli 2024.

Buku tersebut ditulis oleh Dr (HC) dr Sudibyo Markus MBA, yang merupakan salah satu Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah pada periode 2005-2010.

Ia juga tercatat sebagai salah seorang pendiri Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM).

Sudibyo berlatar belakang profesi dokter, dan pernah berkiprah di Kementerian Sosial hingga berbagai lembaga kemanusiaan internasional. Saat ini masih tercatat sebagai penasihat Majelis Pembinaan Kesehatan Umum PP Muhammadiyah.

Diskusi buku bertajuk “Muhammadiyah Studies Talk Volume VI” dengan tema “Refleksi Visi Kemanusiaan Universal, Kebangsaan dan Keumatan Muhammadiyah: Membincang Ulang Relasi Barat- Islam.

Narasumber yang hadir dalam diskusi buku, yakni penulis Sudibyo Markus, Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulsel Prof Arifuddin Ahmad, dan Antropolog UIN Alauddin Wahyuddin Halim PhD. Diskusi dipandu Dr Muhammad Yahya Mustafa, Wakil Ketua MPI PWM Sulsel.

Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulsel Prof Ambo Asse, yang juga merupakan Rektor Unismuh Makassar, dalam sambutannya menyebut, diskusi buku ini tepat apalagi Muhammadiyah terus menggalakkan proses internasionalisasi.

News Feed