English English Indonesian Indonesian
oleh

Efek IKN, Penjualan Rumah Melejit di Parepare

FAJAR. PAREPARE- Sebagai daerah penyanggah Ibu Kota Nusantara (IKN), Parepare
salah satu kota yang ikut terdampak secara ekonomi. Pembangunan perumahan bertumbuh, penjualan melejit.

Parepare salah satu kota yang dianggap strategis dalam pengembangan Kawasan. Keberadaan IKN di Kalimantan Timur membuat pasar properti di Ajatappareng meningkat dibandingkan sebelumnya.

Koordinator Wilayah Ajatappareng REI Sulsel, Hermanto mengatakan dengan adanya IKN, perumahan yang ada di Ajatappareng khususnya Parepare harus ditingkatkan lagi pembangunannya.

Sebab, setelah IKN sudah beroperasi sudah ada sinyal bahwa masyarakat yang ada di sana akan mencari hunian yang dekat dari atau yang gampang dijangkau. Parepare salah satu daerah yang gampang dijangkau di daerah IKN.

“Setelah ada IKN, penjualan properti sangat terasa sekali. Bahkan saat mulai dibangun IKN, penjualan properti di Parepare juga ikut meningkat,” ujar anggota DPRD Parepare ini kepada FAJAR, Jumat 5 Juli 2024.

Semisal, kata dia, jika sebelumnya dari sebulannya hanya bisa terjual lima sampai enam unit, ini sekarangbisa dapat sampai 15 unit sampai 20 unit penjualan dalam perbulan. Saat ini, pihaknya sementara mendata jumlah perumahan yang akan dibangun di Ajatappareng.

Dukungan dari Pemkot Parepare juga dinilai memudahkan para pengemban dalam membangun perumahan.
“Kalau ada permohonannya masuk, kita proses sesuai dengan ketentuan yang ada. Dan tidak berbelit-belit lagi,” kata Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) Parepare Abd Latif kepada FAJAR.

News Feed