English English Indonesian Indonesian
oleh

YKI Sulsel Peringati Hari Anak Gelar Seminar Kanker

FAJAR, MAKASSAR — Yayasan Kanker Indonesia (YKI) ikut memperingati momentum Hari Anak Nasional ke-40 2024.

Salah satunya dengan mendatangkan beberapa orang tua untuk mengikuti seminar yang membahas mengenai kesehatan anak.

Bekerja sama dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3A-DALDUK KB) Sulawesi Selatan, mengangkat bahasan “Kanker Leukimia dan Perubahan Iklim” di Baruga Karaeng Pattingalloang, Rujab Gubernur Sulsel, Sabtu, 6 Juli.

Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Sulsel, Liestiaty F Nurdin mengatakan, peringatan hari anak ini lebih membahas mengenai penyakit yang mudah didapat oleh anak.

Sebut saja, kata dia, saat ini ada beberapa kasus kanker pada anak. Hampir setiap hari YKI Sulsel mendapat laporan kalau ada anak lagi yang terdata kena kanker.

“Makanya di hari anak ini, kami betul-betul mencari solusi untuk ini,” tuturnya.

Lies mengatakan, didatangkan dokter ahli menjadi pemateri yang memberikan kiat-kiat pencegahan kanker pada anak.

“Lalu ada juga pembahasan terkait dengan perubahan iklim yang bisa mempengaruhi kesehatan anak,” ucapnya.

Tak hanya itu. Kesehatan anak juga sebaiknya diperhatikan dari dalam kandungan. Lies bercerita saat dirinya hamil di Jepang, dan melahirkan satu anaknya di Negeri Sakura tersebut.

Hebatnya di sana, ketika pemerintah mengetahui ada yang hamil, maka dilarang minum vitamin. Ini karena dianggap makanan sehari-hari sudah memenuhi kebutuhan.

“Perhatian pemerintah Jepang sangat baik terkait kesehatan ibu hamil dan anak. Sebab kita diberikan susu setiap bulan, dan diperiksa langsung di kecamatan. Ini yang mesti di contoh,” tuturnya.

News Feed