English English Indonesian Indonesian
oleh

Mantan Birokrat Ini Disebut Punya Konsep Pembangunan yang Jelas untuk Makassar

FAJAR, MAKASSAR— Maju sebagai Bakal calon wali kota Makassar, tidak hanya bermodal popularitas, elektabilitas maupun isi tas. Konsep pembangunan juga harus dimiliki.

Bakal calon Wali Kota Makassar, Abdul Rahman Bando (ARB) adalah salah satu bakal calon yang dinilai punya konsep jelas dibanding kandidat lainnya yang akan maju Pilkada Makassar 2024.

Pengamat Politik Unibos, Arief Wicaksono menyampaikan dibanding calon lainnya yang baru mengenakan jargon pribadinya, ARB sebagai mantan Birokrat senior di Pemkot Makassar sudah menyampaikan konsepnya dalam berbagai sektor dalam menata kota.

“Di antara figur-figur ini, kalau kita mau objektif yang paling jelas konsep pembangunan adalah Pak Rahman Bando. Dengan taglinenya Gerbang Makassar yaitu Gerakan Bersama Membangun Makassar,” ujar Arief Wicaksono.

Pandangan itu disampaikan dalam diskusi bertajuk Membaca Rekam Jejak Calon Wali Kota Makassar di Lapak Kopi Abangda, Makassar, Sabtu (6/7/2024).

Menurut Arief Wicaksono, konsep Gerbang Makassar ala Rahman Bando bukan branding personal seperti kandidat lain yang menonjolkan sisi kepribadiannya.

Secara psiko analisis, kata Arief, konsep yang cenderung personal akan dinilai lebih mementingkan aspek kedirian, ketimbang kolektifitas.

“Yang saya lihat Pak Rahman Bando tidak begitu (kepentingan personal). Mungkin beliau berpikir, saya sudah dikenal masyarakat, jadi dibuat konsep pembangunan yang ditawarkan kepada masyarakat,” jelas Arief Wicaksono.

“Tanpa mengabaikan calon yang lain, mungkin juga punya konsep pembangunan. Saya di sini cuma menilai,” imbuh Arief. Namun paling penting menurutnya memang adalah mengamankan partai terlebih dahulu.

Bahkan bisa jadi, konsep pembangunan yang ditawarkan dianggap terburu-buru, karena sampai saat ini Abdul Rahman Bando masih harus berjuang dan bersaing mendapatkan dukungan partai politik.

“Karena kunci dari setiap pilkada ini adalah partai. Sementara di Demokrat, ada juga Pak Adi Rasyid Ali yang merupakan pemegang kunci,” tandas Arief Wicaksono.

Ditempat yang sama, konsultan politik yang juga mantan Ketua KPU Soppeng, Andi Sri Wulandani menyampaikan secara umum kemampuan para bakal calon perempuan di Pilwalkot Makassar saat ini tidak bisa dianggap remeh.

‘Ada sosok Fatmawati, Rachmatika Dewi yang sama-sama dari Nasdem, ada Sri Rahmi semua punya pengalaman di legislatif,” katanya. Sisa menurutnya apakah mereka mampu meyakinkan parpol untuk diusung dan membuktikan keseriusan di Pilwalkot. (*)

News Feed