English English Indonesian Indonesian
oleh

Disdukcapil Pangkep Layani Ribuan Administrasi Kependudukan Masyarakat Secara Mobile

FAJAR, PANGKEP- Seribu lebih masyaraka Kabupaten Pangkep mendapat pelayanan perekaman KTP secara mobile di sejumlah kecamatan di Pangkep.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pangkep, Arisal Hasan menjelaskan bahwa perekaman dilakukan secara mobile agar memudahkan masyarakat untuk bisa mendapat layanan administrasi kependudukan.

“Perekaman mobil kami lakukan mulai dari kecamatan daratan, pulau hingga dataran tinggi. Ini untuk memudahkan masyarakat agar tidak lagi datang ke kantor karena akses mereka yang terbatas, jadi kami yang turun langsung,” ungkapnya.

Lanjut dikatakan bahwa, perekeman secara mobil dilakukan mulai di kecamatan pulau terluar Pangkep dengan perekaman yang dilakukan sudah mencapai 531 orang di Kecamatan Liukang Tangaya. Sementara perekaman di Kecamatan Bungoro sebanyak 58 orang, kemudian di Kecamatan Balocci 134 orang, Kecamatan Labakkang 97 orang, Kecamatan Ma’rang 56 orang, Kecamatan Segeri 200 orang, Kecamatan Minasatene 72 orang, dan Kecamatan Mandalle 66 orang.

“Total ada 1.214 yang kami rekam dan masih berlanjut lagi di Kecamatan Tondong Tallasa,” imbuhnya.

Selain itu, perekaman mobile dilakukan juga untuk menyukseskan pelaksanaan Pilkada mendatang dan sebagai implementasi dari aksi perubahan kepemimpinan nasional yang diikutinya yaitu Layanan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil Terpadu Lintas Sektoral.

“Jadi perekaman di kecamatan itu meliputi kolaborasi dengan pemerintah kecamatan dan juga layanan terpadu dengan Kementerian Agama, sehingga mereka yang menikah bisa langsung mendapatkan KTP baru,” bebernya.(fit)

News Feed