English English Indonesian Indonesian
oleh

Praktik Manajemen Keuangan: Mahasiswa Manajemen Unimuda Lakukan Online Factory Visit

FAJAR, SORONG-Mahasiswa mata kuliah Manajemen Keuangan dari Program Studi Manajemen Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong melakukan kunjungan industri ke PT Amerta Indah Otsuka. Kunjungan ini bertujuan untuk memberikan wawasan praktis mengenai pengelolaan keuangan dalam dunia industri serta memahami implementasi teori manajemen keuangan yang telah mereka pelajari di bangku kuliah.

Rombongan mahasiswa yang berjumlah sekitar 30 orang ini didampingi dosen pembimbing, Musriani, MM. Mereka disambut hangat tim manajemen PT Amerta Indah Otsuka dan memulai kunjungan dengan sesi presentasi yang memperkenalkan profil perusahaan, produk-produk utama seperti Pocari Sweat dan Soyjoy, serta strategi keuangan yang diterapkan perusahaan.

Dalam sesi tersebut, manajemen perusahaan menjelaskan bagaimana mereka mengelola arus kas, investasi, pembiayaan, dan strategi pengendalian biaya untuk memastikan keberlanjutan dan pertumbuhan bisnis. Mahasiswa juga diperkenalkan dengan berbagai tantangan keuangan yang dihadapi oleh perusahaan dan bagaimana mereka mengatasinya.

Setelah sesi presentasi, mahasiswa diajak berkeliling fasilitas produksi untuk melihat secara langsung operasional perusahaan. Mereka diberi kesempatan untuk berdiskusi dengan tim keuangan perusahaan mengenai aspek-aspek praktis dari manajemen keuangan, seperti penganggaran, pengendalian biaya, dan pelaporan keuangan. Diskusi berlangsung interaktif dengan mahasiswa antusias mengajukan berbagai pertanyaan.

Musriani menyatakan, kunjungan ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa. Kunjungan industri seperti ini memberikan pengalaman langsung yang sangat berharga bagi mahasiswa. “Mereka dapat melihat bagaimana teori manajemen keuangan diaplikasikan dalam dunia nyata, yang akan membantu mereka dalam memahami materi kuliah dengan lebih baik,” ungkapnya, Jumat, 5 Juli 2024.

Salah satu mahasiswa, Annisa yang sedang menempuh studi di jurusan Manajemen, merasa sangat terbantu dengan adanya kunjungan ini. “Melihat langsung bagaimana perusahaan mengelola keuangan mereka memberikan perspektif baru bagi saya. Ini sangat berguna untuk pembelajaran dan persiapan karir saya di masa depan,” katanya.

Kunjungan industri ini diharapkan dapat menjadi agenda rutin bagi mata kuliah Manajemen Keuangan dan program studi Manajemen UNIMUDA Sorong. Selain memberikan pengalaman praktis, kegiatan ini juga memperkuat hubungan antara universitas dan industri, yang pada gilirannya dapat membuka lebih banyak peluang bagi mahasiswa untuk melakukan magang atau bekerja di perusahaan-perusahaan terkemuka. (*)

News Feed