English English Indonesian Indonesian
oleh

Dosen UMI dan UPRI Gelar Edukasi Pembuatan Spray dan Lotion Anti Nyamuk di Moncongloe

Kegiatan PKM ini melibatkan kolaborasi dengan alumni dan mahasiswa dari Program Sarjana Kesehatan Masyarakat serta mahasiswa Magister Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia (UMI), yang bermitra dengan kader kesehatan lingkungan.

Menurut Idhar Dharlis, tujuan PKM ini adalah meningkatkan pengetahuan masyarakat terkait Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), kualitas air bersih, serta dampaknya terhadap kesehatan. Selain itu, program ini juga bertujuan untuk meningkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) melalui pemanfaatan bahan herbal ekstrak sereh sebagai lotion dan spray anti nyamuk.

Kegiatan ini diikuti oleh 20 orang kader kesehatan lingkungan yang merupakan mitra dari Puskesmas dan pihak kelurahan setempat, serta 20 orang mahasiswa.

Adillah menambahkan, antusiasme peserta PKM sangat tinggi karena program ini merupakan kegiatan perdana yang dapat meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan masyarakat Dusun Biring Jene, khususnya dalam mencegah DBD melalui perbaikan sanitasi dasar dan air bersih. (*)

News Feed