English English Indonesian Indonesian
oleh

Ketua KPU Terjerat Kasus Asusila dan Dipecat, Puan: Perbaiki Proses Rekrutmen

FAJAR, JAKARTA–Ketua DPR RI Puan Maharani menyayangkan kasus asusila yang dilakukan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Hasyim Asy’ari. Ia pun menegaskan mesti ada perbaikan dalam proses rekrutmen mendatang.

Hasyim dipecat dari posisinya karena terbukti melakukan asusila ke anggota Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Den Haag.

Puan berharap ada evaluasi dalam proses rekrutmen komisioner KPU ke depan. Apalagi sudah ada beberapa kasus yang menimpa anggota KPU selain Hasyim Asy’ari, seperti komisioner KPU periode sebelumnya yang terjerat kasus korupsi yakni Wahyu Setiawan.

“Kalaupun itu ada, kita harus sama-sama evaluasi. Kita harus cari figur-figur yang mungkin lebih baik, dan mekanisme yang ada sama-sama kita perbaiki,” kata Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (4/7/2024).

Puan sendiri sangat menyayangkan kejadian asusila tersebut,. “Harusnya tidak terjadi hal-hal seperti itu,” ujar perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR ini.

Pada kesempatan itu, Puan menegaskan  menghormati keputusan DKPP,. “Nanti setelah 7 hari kemudian presiden mengeluarkan keputusan pemberhentiannya ya, DPR sesuai mekanismenya akan memproses yang ada,” kata Puan.

Setelah pemecatan Hasyim Asy’ari, Komisioner KPU Mochammad Afifudin ditunjuk sebagai Plt Ketua. Pemberhentian Hasyim Asy’ari akan ditindaklanjuti dengan keputusan presiden (keppres) yang dikeluarkan maksimal tujuh hari setelah putusan dibacakan. (amr)

News Feed