English English Indonesian Indonesian
oleh

Pertama Kalinya, Pemeriksaan Skabies Gratis di Makassar Diikuti 1.000 Lebih Peserta

MAKASSAR, FAJAR — DERMA XP (Strategic Business Unit dari Arya Noble Group) bersama dengan Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI) Makassar mengadakan pemeriksaan dan pengobatan skabies gratis untuk warga, di Tribun Lapangan Karebosi, Rabu, 3 Juli 2024.

Ketua Panitia Pemeriksaan dan Pengobatan Skabies, Prof. Dr. dr. Khairuddin Djawad, Sp.D.VE, Subsp.O.B.K, FINSDV, FAADV, menjelaskan kegiatan ini tersebut dalam rangka Kongres Nasional PERDOSKI. Dimana pihaknya melakukan pengabdian masyarakat dalam bentuk pemeriksaan dan pengobatan skabies gratis.

Pemeriksaan dan pengobatan gratis yang dilakukan melibatkan lebih dari seribu lebih peserta yang didatangkan dari panti asuhan seluruh Kota Makassar.

“Diharapkan dengan pemeriksaan dan pengobatan skabies ini, maka skabies terutama di panti asuhan itu dapat terkendali. Jadi semua panti asuhan kita datangkan di Kota Makassar ini, mereka datang sendiri kemudian diperiksa disini,” ucap Prof Khairuddin.

“Total yang terdaftar itu 1.100 anak panti. Tetapi ternyata banyak juga diluar panti yang datang, arrinya warga di sekitar rumah panti,” sambungnya.

Prof Khairuddin menyebut, sedikitnya ada sekitar 90 lebih dokter spesialis yang dilibatkan. Mereka semua hadir sebagai bentuk pengabdiannya kepada masyarakat menyambut Kongres Nasional PERDOSKI.

Adapun penyakit skabies dipilih karena dianggap sangat menular. Sebagai contoh, kata dia, jika dalam rumah ada satu orang yang terkena penyakit tersebut, maka kemungkinan besar seluruh penghuni lainnya telah tertular.

News Feed