English English Indonesian Indonesian
oleh

Pelindo Bertransformasi Tingkatkan Layanan di Sektor Pelabuhan Nonpetikemas

FAJAR, JAKARTA — Melalui transformasi, PT Pelindo Multi Terminal meningkatkan poduktivitas dan layanan serta mengoptimalkan rantai logistik nonpetikemas.

PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo terus berupaya meningkatkan layanan di sektor kepelabuhanan non-peti kemas dengan melakukan transformasi besar-besaran.

Salah satu langkah strategis yang diambil adalah membagi Pelindo menjadi empat subholding.

Langkah ini diungkapkan oleh Direktur Utama PT Pelindo Multi Terminal Ary Henryanto dalam acara Sharing Session: Transformasi Dunia Kepelabuhanan Nonpetikemas Indonesia di Djakarta Theater pada Selasa, 2 Juli.

Setelah merger PT Pelabuhan Indonesia (Persero) pada 1 Oktober 2021, Pelindo melakukan restrukturisasi besar-besaran.

Restrukturisasi ini mencakup pembentukan empat subholding yaitu Subholding Petikemas, Subholding Nonpetikemas, Subholding Marine, Equipment & Port Services, dan Subholding Logistik & Hinterland Development.

Restrukturisasi ini bertujuan untuk mengoptimalkan struktur organisasi dan meningkatkan efisiensi operasional.

Angkutan laut diidentifikasi sebagai moda pengangkutan kargo yang paling efisien dibandingkan dengan moda transportasi lainnya, efisiensi ini mencapai kurang lebih 11 persen lebih baik dibandingkan dengan kereta dan 51 persen dibandingkan dengan truk.

Direktur Utama PT Pelindo Multi Terminal, Ary Henryanto mengatakan bahwa salah satu fokus PT Pelindo Multi Terminal adalah peningkatan kualitas layanan pelabuhan untuk menciptakan rantai logistik yang lebih efisien.

News Feed