English English Indonesian Indonesian
oleh

Koeman Mengaku Tegang Tunggu Gol Kedua Belanda, Pelatih Rumania Sedih

FAJAR, MUNICH—Belanda lolos ke babak delapan besar Piala Eropa 2024 dengan gaya. Mereka menghajar Rumania tiga gol tanpa balas di babak 16 besar.

Pelatih Belanda, Ronald Koeman menyebut ini hasil luar biasa. Khususnya karena mereka sempat tampil sangat buruk saat berhadapan dengan Austria di laga terakhir fase grup.

“Kadang-kadang sulit untuk menjelaskan mengapa Anda bermain buruk dan mengapa Anda mencapai level tinggi. Hari ini permulaannya sulit, namun kami akhirnya menemukan permainan kami dan menyebabkan masalah bagi mereka,” katanya di UEFA.com.

Koeman mengaku laga ini sedikit menegangkan lantaran mereka harus menunggu hingga menit akhir untuk mencetak gol kedua dan mematikan perlawanan Rumania.

“Mungkin satu poin penting adalah bahwa hal itu memerlukan waktu yang terlalu lama lama untuk mencetak gol kedua. Kami menyebabkan masalah besar bagi Rumania dengan serangan kami,” ujarnya.

Pelatih Rumania, Edward Iordănescu sementara itu mengatakan mereka sudah berjuang maksimal. “Hari ini kami mengakhiri kisah hebat yang kami mulai dua tahun lalu. Kami melanjutkan kisah itu di Jerman bersama dengan para penggemar tim nasional,” katanya.

“Tim memberikan upaya besar, tetapi ada sedikit kesedihan. Kami menginginkan lebih, tapi kami memberikan segalanya. Terima kasih kepada teman-teman saya, para pendukung, dan masyarakat Rumania di seluruh dunia yang mendukung kami,” lanjutnya.

Edward Iordănescu mengatakan, rakyat Rumania kini harus percaya pada diri mereka sendiri. “Jika mereka yakin, mereka bisa menghasilkan hal-hal fantastis. Mereka perlu mengembangkan dan menumbuhkan generasi baru. Mereka perlu mengambil inspirasi dari para pemain ini dan menjadikan mereka sebagai panutan, karena mereka memberikan semua yang mereka miliki. Ini adalah pelajaran yang bisa kita gunakan,” tandasnya. (amr)

News Feed