English English Indonesian Indonesian
oleh

Bawa Barang dengan Motor? Ini Tips #Cari_Aman Astra Motor Sulawesi Selatan

FAJAR, KENDARI — Sepeda motor menjadi salah satu pilihan kendaraan masyarakat yang efisien dalam beraktivitas. Karena itu, keselamatan dan kenyamanan saat berkendara perlu diperhatikan dengan maksimal, termasuk ketika berkendara membawa barang dalam jarak dekat.

Astra Motor Sulawesi Selatan selaku main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara, dan Ambon, membagikan tips aman membawa barang dengan sepeda motor dalam jarak dekat.

Instruktur Safety Riding Astra Motor Sulawesi Selatan Oging Adria Fitra Sakti menuturkan bahwa barang bawaan yang melebihi kapasitas meski dalam jarak dekat berpotensi membahayakan diri sendiri dan pengendara lain.

“Maka, pengendara perlu bijak dalam membawa barang bawaan dengan sepeda motor dan tidak melebihi aturan dimensi yang dibolehkan,” kata Oging.

Oging pun membagikan tips aman membawa barang bawaan dengan sepeda motor dalam jarak dekat. Pertama, pengendara mesti memperhatikan berat barang bawaan. Jangan sampai, berat barang bawaan melebihi standar.

“Untuk mengetahui, pengendara bisa melihatnya di buku panduan. Di sana, tercantum berat barang bawaan maksimal yang dapat ditampung oleh sepeda motornya. Apalagi, membawa barang bawaan yang terlalu berat berpotensi membuat shockbreaker motor cepat rusak,” ucapnya.

Tips kedua, kata Oging, barang bawaan tidak boleh melebihi lebar setang motor. Menurutnya, barang bawaan yang lebar membuat ruang gerak pengendara terbatas dan berpotensi mengganggu pengendara lain.

“Barang bawaan juga tidak boleh melebihi tinggi pengendara, supaya keseimbangan selama berkendara dapat terjaga dengan baik,” tuturnya.

News Feed