English English Indonesian Indonesian
oleh

Preview Rumania vs Belanda: Jangan Lengah

FAJAR, MUNICH—Belanda akan ditantang Rumania di babak 16 besar Piala Eropa 2024, malam nanti. Meski hanya lolos sebagai salah satu tim peringkat  ketiga terbaik, tradisi bagus dalam pertemuan kedua negara membuat Belanda tetap jadi favorit.

Sejak bertemu pertama kali di Olimpiade 1924, Tim Oranye memenangkan sepuluh dari 14 pertandingan mereka melawan Rumania dan hanya kalah sekali. Selama periode itu, mereka mencetak 29 gol dan cuma kebobolan tiga kali.

Pada pertemuan terakhir mereka, Belanda menang 3-0 di Bucharest dalam pertandingan persahabatan yang berlangsung pada 14 November 2017.  Saat itu, gol-gola babak kedua Memphis Depay, Ryan Babel, dan Luuk de Jong menjadi penentu kemenangan Belanda.

Satu-satunya kekalahan Belanda terjadi di kualifikasi EURO 2008. Pada laga yang berlangsung Oktober 2007 itu, Rumania menang 1-0 di Constanta berkat gol Dorin Goian di menit ke-71.

Meski punya tradisi head to head yang bagus, Belanda tidak akan berani meremehkan Rumania yang lolos sebagai juara Grup E. Apalagi, penampilan mereka saat kalah 2-3 dari Austria di laga terakhir sangat mengecewakan.

Jika ingin mencapai perempat final Euro untuk pertama kalinya sejak 2008, apalagi meniru tim Oranje tahun 1988 yang menjadi kampiun Piala Eropa di tanah Jerman, mereka harus berbenah.

“Kami tidak cukup agresif, pertahanan kami tidak ditempatkan dengan baik, dan kami terlalu sering kehilangan bola. Kami harus mengambil tanggung jawab di lapangan,” kata Pelatih Belanda, Ronald Koeman kepada EURO2024.com.

News Feed