English English Indonesian Indonesian
oleh

Pemimpin Perempuan Punya Kapasitas dan Kekuatan Politik

FAJAR, MAKASSAR- Kepemimpinan perempuan diperhitungkan pada Pileg 2024 di Sulsel. Figur potensial dinilai punya basis yang kuat untuk membawa kemenangan, ditambah lagi dengan kapasitasnya yang sudah teruji di level kota maupun kabupaten.

Direktur Lembaga Riset Public Policy Network (Polinet), Rizal Pausi melihat potensi besar figur perempuan dapat menduduki kursi 02 di Provinsi Sulsel ini.

“Ini akan menjadi sejarah, perempuan untuk masuk bursa saja sebagai calon gubernur atau calon wakil gubernur pertama kalinya sepertinya pada pilgub ini. Figur yang didorong dan tampil juga mereka memang memiliki kapasitas dan kekuatan politik yang jelas,” ungkapnya.

Magister Universitas Hasanuddin Makassar ini mengungkapkan juga bahwa, figur perempuan di Sulsel ada Indah Putri Indriani dan Fatmawati Rusdi yang disebut akan didorong sebagai Cawagub.

“Cocoknya untuk saat ini adalah calon wakil, karena untuk posisi ini saja baru pertama kali segmen wakil diisi perempuan. Untuk saat ini melihat kekuatan kedua figur yang berpengalaman di birokrasi dan politik, punya basis dan segmen yang jelas, punya kekuatan masing-masing juga,” jelasnya.

Perempuan sebagai cawagub juga katanya, akan lebih mudah untuk diterima oleh pemilih, lantaran cukup mudah untuk bersosialisasi ke masyarakat, karena memiliki segmen isu perempuan yang cukup besar pengaruhnya.

“Sementara untuk posisi kepala daerah dianggap belum cukup kuat, apalagi jika dilakukan pendekatan lewat agama dan budaya. Masih banyak menemui hambatan dan penolakan, sehingga lebih tepat untuk saat ini berada di posisi wakil,” katanya.

News Feed