English English Indonesian Indonesian
oleh

LPPM Unhas Latih Business Plan Pengelola Ekowisata Sungai dan Hutan di Tinggimoncong

MAKASSAR, FAJAR — Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Hasanuddin (Unhas), kembali menyasar Kabupaten Gowa untuk melaksanakan kegiatan Pengabdian Kemitraan Masyarakat (PKM).

Lokasinya di Kelurahan Bontolerung Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Minggu, 30 Juni 2024.

Ketua Pelaksana, Prof. M. Idrus Taba
mengharapkan agar hasil pelatihan dapat memberikan efek pada meningkatnya kemampuan dan keterampilan masyarakat dalam mengelola usaha, membangun jaringan kemitraan dengan perguruan tinggi.

Juga, kata dia, sekaligus memiliki kesadaran tinggi untuk memelihara dan mengembangkan sektor pariwisata yang berbasis pada lingkungan dan pelibatan masyarakat.

“Bagi tim pelaksana PKM dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, ouput dari kegiatan pengabdian masyarakat ini selanjutnya akan dituangkan dalam sebuah artikel ilmiah,” ucapnya.

Artikelnya akan diterbitkan pada Jurnal ilmiah Sinta 3 dan sebuah buku yang akan djadikan sebagai rujukan buku ajar.

Prof Idrus mengatakan, jika PKM kali ini dalam bentuk Pelatihan dan Pendampingan, serta Penyusunan Perencanaan Usaha (Business Plan).

“Dipilih Pengelola Obyek Wisata Sungai dan Hutan Berbasis Masyarakat di Kabupaten Gowa,” tuturnya.

Sementara kelompok masyarakat yang dilatih adalah para pemilik lahan yang tanah miliknya berbatasan dengan sungai dan hutan yang akan dijadikan sebagai obyek wisata.

Tujuan pelatihan, selain membekali mereka
dengan keterampilan menyusun perencanaan usaha jasa pariwisata, juga memberikan penyadaran agar mereka tetap dapat menjaga dan memelihara kelestarian alam, terutama sungai dan hutan.

News Feed