English English Indonesian Indonesian
oleh

Israel Kembali Lancarkan Serangan Mematikan ke Khan Younis

FAJAR, GAZA—Pasukan Israel melancarkan serangan mematikan di Jalur Gaza selatan pada hari Selasa. Pejabat kesehatan Palestina mengatakan sedikitnya delapan orang tewas.

Serangan tersebut termasuk pemboman terhadap Khan Younis, sehari setelah Israel memerintahkan evakuasi terbaru terhadap warga sipil Palestina.

Militer Israel mengatakan pada hari Selasa bahwa mereka melancarkan serangan udara semalaman di daerah Khan Younis di mana para militan telah menembakkan 20 roket ke arah pemukiman Israel.

Selain di kota Rafah di selatan, pasukan darat Israel melakukan operasi melawan Hamas di Gaza tengah.

Juru bicara Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres, Stephane Dujarric mengatakan bahwa perintah evakuasi Israel untuk Khan Younis menunjukkan tidak ada lagi tempat yang aman di Gaza, sehingga diperlukan lebih banyak upaya untuk melindungi warga sipil.

Berulang kali Israel meminta warga Palestina untuk meninggalkan wilayah tertentu di Gaza, sebuah tindakan yang menurut Israel dimaksudkan untuk melindungi warga sipil dari perang.

Evakuasi, bersamaan dengan pertempuran, menyebabkan banyak orang harus mengungsi berkali-kali untuk mencari keselamatan.

“Inilah alasan mengapa kita perlu mengakhiri konflik ini,” kata Dujarric dikutip dari VOA.

Ahmad Najjar, seorang warga yang tinggal di zona sasaran evakuasi, mengatakan kepada Agence France-Presse bahwa ketakutan dan kecemasan ekstrem mencengkeram orang-orang setelah perintah evakuasi. Dia menyebut telah terjadi pengungsian besar-besaran penduduk. (amr)

News Feed