English English Indonesian Indonesian
oleh

Mengenal Puanta Ri Lombo, Generasi Ketujuh Raja Bone La Patau, Keturunannya Akan Berkumpul di Malino Pekan Ini

Kanduruan adalah seorang nasionalis, agamis, dan sastrawan Sunda. Ia merupakan seorang guru bahasa, ahli bahasa, pendiri dan Ketua Paguyuban Pasundan, serta Redaktur Balai Pustaka pada Abad XIX.

Kembali ke Puanta Ri Lombo, dia merupakan putra dari Pasiori Daeng Matompo bergelar Karaeng Tompoallu. Selanjutnya, Pasiori Daeng Matompo merupakan putra dari Baginda Ali Karaeng Mannangkasi. Baginda Ali merupakan putra dari I Pallawa Gau Petta Ware yang ibunya merupakan keturunan Raja Gowa.

Dari sinilah gelar “karaeng” juga melekat pada Puanta Ri Lombo, yakni menyatunya darah kerajaan Bone dan kerajaan Gowa. Pada Abad XVIII, Puanta Ri Lombo disebut-sebut merupakan raja di kawasan tulalanngang alias di wilayah perbatasan Gowa, Sinjai, dam Bone.

Kembali ke silsilah, I Pallawa Gau merupakan putra dari La Pattongko Petta Sampo yang bergelar Karaeng Sapotinggi (pertama). La Pattongko merupakan putra dari La Muhammad Bau Karoppa Petta Sappawalie atau Datu Halie.

Kemudian, La Muhammad Bau Karoppa merupakan putra dari La Panaongi Topawawoi yang bergelar Arung Sijelling. La Panaongi inilah yang merupakan anak dari La Patau Matanna Tikka.

Saat ini, paguyuban keturunan Puanta Ri Lombo atau Keluarga Besar Puanta Ri Lombo diketuai oleh Andi Kartini Ottong yang juga Wakil Bupati Sinjai periode 2018-2023 dan Wakil ketua DPRD Sinjai periode 2009-2018.

“Agenda utama kegiatan ini adalah pemilihan ketua baru. Kemudian ada agenda pembuatan program kerja,” katanya.

Mubes atau disebut panitia sebagai reuni Keluarga Besar Puanta Ri Lombo berisi agenda pembaharuan pengurus. Juga akan ada pembacaan silsilah dari setiap generasi berdasarkan tujuh jalur anak dari Puanta Ri Lombo. (*/zuk)

News Feed