English English Indonesian Indonesian
oleh

Dosen Unhas Beri Penyuluhan Penanganan Penyakit pada Ternak Kelinci

FAJAR, MAKASSAR-Dosen Universitas Hasanuddin melaksanakan Program Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Hasanuddin (PPMU-PK-M) di Kelurahan Salokaraja, Kecamatan Lalabata, Kabupaten Soppeng, Senin, 1 Juli. Program ini bertema “PK-M Peternak Kelinci di Kabupaten Soppeng”.

Dosen Prodi Agribisnis Peternakan Fakultas Vokasi Unhas, Sri Wira Utami, S.Pt., M.Si., sebagai ketua pelaksana kegiatan. Program ini juga melibatkan anggota tim lainnya, yaitu Prof. Dr. Ir. Herry Sonjaya, DEA, DES., Muh. Firdaus Tullah, S.Tr.Kes., M.Tr.TGM., Irwan, S.TP., M.TP., serta Dr. Erni Damayanti, S.Pt., seorang praktisi di bidang reproduksi ternak.

Kabupaten Soppeng dipilih sebagai lokasi pengembangan kelompok ternak kelinci. Melalui penyuluhan mengenai penanganan penyakit pada ternak kelinci, diharapkan para peternak dapat mencegah dan menangani masalah kesehatan ternak kelinci mereka dengan lebih baik.

“Selain itu, program ini juga memberikan penyuluhan dan pelatihan mengenai budidaya kelinci yang benar, mulai dari pemilihan bibit kelinci yang sehat dan berpotensi genetik sebagai kelinci pedaging, mengingat kelompok ternak saat ini fokus pada penggemukan kelinci,” ujar Sri.

Peserta juga diberikan pelatihan mengenai teknik perkawinan kelinci yang benar. Melalui bimbingan pembuatan recording atau pencatatan, peternak dapat melakukan pencatatan selama proses produksi hingga sistem pemasaran hasil produksi. “Kegiatan pengabdian ini diikuti oleh 5 orang peserta dari kelompok ternak kelinci “Mandiri” dan 15 orang peserta dari kelompok tani “Tobangko”,” ungkapnya. (*/)

News Feed