English English Indonesian Indonesian
oleh

Siswa di Sidrap Diedukasi Manfaatkan Lahan Terbatas Jadi Kebun yang Produktif

FAJAR, MAKASSAR-Dosen dan mahasiswa Fakultas Vokasi Universitas Hasanuddin (Unhas) menggelar kegiatan sosial kemasyarakatan bertema “Integrated Smart Vertical Hydroponic Farming: Unit Pembelajaran dan Usaha”.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini merupakan salah satu dari Tri Dharma perguruan tinggi. Kegiatan ini dilaksanakan di kampus Vokasi Sidrap sejak bulan Maret 2024 dengan menggunakan dana hibah Universitas Hasanuddin tahun 2024 melalui LPPM Universitas Hasanuddin.

Kegiatan pengabdian ini beranggotakan dosen dan mahasiswa Fakultas Vokasi yang diketuai oleh Eka Setiawan, S.Si., M.Si. (Teknologi Produksi Tanaman Pangan), bersama dengan dua dosen dari dua program studi, yaitu A. Dharmawan Wicaksono (Agribisnis Peternakan) dan Humam Edi Praborowo (Metalurgi Ekstraksi). Kegiatan ini juga melibatkan siswa serta beberapa guru dari SMKN 4 Sidrap.

Eka Setiawan menyatakan, melalui pelatihan ini, kita dapat memanfaatkan lahan terbatas menjadi kebun yang produktif untuk tanaman hidroponik serta meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam pengelolaan lahan terbatas untuk kegiatan bercocok tanam dengan metode hidroponik.

Sementara itu, salah satu guru dari SMKN 4 Sidrap, Imran Hante, S.Pd., menyatakan bahwa kegiatan pengabdian ini sangat membantu serta mampu menambah pengetahuan siswa tentang teknik budidaya sayuran dengan sistem hidroponik, mulai dari persiapan media semai, persemaian benih, pencampuran nutrisi AB mix, penanaman, pemeliharaan, hingga panen.

Kegiatan ini juga mengajarkan bagaimana memanfaatkan lahan terbatas atau pekarangan menjadi lahan yang produktif untuk meningkatkan produksi sayuran sebagai sumber pangan dan pendapatan. (*)

News Feed